PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMPN 21 MATARAM

AINUN, JARIYAH (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMPN 21 MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh model pembelajaran Jigsaw terhadap pencapaian belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 21 Mataram. Model Jigsaw dipilih karena berfokus pada kerjasama antara siswa dalam kelompok kecil, di mana setiap anggota bertanggung jawab untuk memahami bagian tertentu dari materi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Alat utama yang dipakai adalah tes hasil belajar yang dilaksanakan sebelum dan sesudah penerapan model Jigsaw. Populasi penelitian ini mencakup semua siswa kelas VII di SMPN 21 Mataram. Data dianalisis menggunakan regresi linear sederhana untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar siswa. Analisis yang dilakukan mengindikasikan bahwa model pembelajaran Jigsaw memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Nilai R Square yang dicapai adalah 0,349, yang berarti bahwa 34,9% dari variasi hasil belajar siswa disebabkan oleh penggunaan model Jigsaw. Sedangkan 65,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak terkait dengan model ini. Oleh karena itu, penggunaan model Jigsaw dapat berfungsi sebagai strategi efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang materi PPKn dan juga dapat menciptakan proses belajar yang lebih aktif, kolaboratif, dan bermakna.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorCANDRA, CANDRAnidn0810058503
Thesis advisorALIAHARDI, WINATAnidn0814098601
Uncontrolled Keywords: Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Ainun Jariyah
Date Deposited: 01 Sep 2025 07:48
Last Modified: 01 Sep 2025 07:48
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12409

Actions (login required)

View Item View Item