PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT MENGGUNAKAN CANVA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTS ZIA’UL HAQ DESA KIWU KEC, KILO KAB, DOMPU

NURUL, MUKMIN (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT MENGGUNAKAN CANVA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTS ZIA’UL HAQ DESA KIWU KEC, KILO KAB, DOMPU. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di MTs Zia’ul Haq masih tergolong rendah. Siswa cenderung pasif, kurang tertarik, dan mudah merasa bosan saat pembelajaran berlangsung. Hal ini diduga karena kurang melibatkan media yang sesuai dengan karakteristik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pengembangan dan kelayakan media pembelajaran PowerPoint menggunakan Canva interaktif untuk siswa serta menganalisis Apakah media pembelajaran tersebut dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Zia’ul Haq. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri atas kepala madrasah, guru mata pelajaran PPKn, dan peserta didik. Data dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran PowerPoint berbasis Canva memberikan dampak positif terhadap peningkatan minat dan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn. Siswa menjadi lebih aktif, tertarik, dan percaya diri dalam mengikuti pembelajaran. Media ini dinilai mampu menyederhanakan materi yang kompleks melalui tampilan visual yang menarik, sehingga membantu pemahaman dan mendorong keterlibatan siswa. Meskipun terdapat beberapa kendala seperti keterbatasan perangkat dan koneksi internet, secara umum Canva terbukti menjadi alternatif media pembelajaran yang efektif dan relevan diterapkan di lingkungan MTs.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHAFSAH, HAFSAHnip196906052007012037
Thesis advisorISNAINI, ISNAINInidn0803058401
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, PowerPoint Canva, Motivasi Belajar, PPKn.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Nurul Mukmin
Date Deposited: 01 Sep 2025 07:54
Last Modified: 01 Sep 2025 07:54
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12384

Actions (login required)

View Item View Item