PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA PAPAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 3 SD PADA MATERI PECAHAN SEDERHANA

DIAH, PRAMUDITA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA PAPAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 3 SD PADA MATERI PECAHAN SEDERHANA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Papan Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar Pada Materi Pecahan Sederhana. Pendekatan yang digunakan daalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III A dan siswa kelas III B di SDN 3 Ampenan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 56 siswa. Sampel yang dipilih sebagai kelas eksperimen yaitu siswa kelas III A yang berjumlah 28 siswa dan siswa kelas III B yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Hasil nilai rata-rata yang ditunjukkan oleh kelas eksperimen pada pre-test sebesar 57,56 dan setelah dilakukan pos-test meningkat menjadi 62,5 untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata dari pre-test sebesar 47,14 dan hanya meningkat sedikit menjadi 55,71. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan bantuan aplikasi SPSS 20 for windows menunjukkan angka yang signifikan antara nilai pre-test dengan nilai post-test dengan nilai signifikansi 2-tailed (Two-Sidded p) = 0,004 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorABDILLAH, ABDILLAHnidn0824048301
Thesis advisorYUNI, MARIYATInidn0806068802
Uncontrolled Keywords: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Papan Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar Pada Materi Pecahan Sederhana. Pendekatan yang digunakan daalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III A dan siswa kelas III B di SDN 3 Ampenan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 56 siswa. Sampel yang dipilih sebagai kelas eksperimen yaitu siswa kelas III A yang berjumlah 28 siswa dan siswa kelas III B yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Hasil nilai rata-rata yang ditunjukkan oleh kelas eksperimen pada pre-test sebesar 57,56 dan setelah dilakukan pos-test meningkat menjadi 62,5 untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata dari pre-test sebesar 47,14 dan hanya meningkat sedikit menjadi 55,71. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan bantuan aplikasi SPSS 20 for windows menunjukkan angka yang signifikan antara nilai pre-test dengan nilai post-test dengan nilai signifikansi 2-tailed (Two-Sidded p) = 0,004 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Diah Pramudita
Date Deposited: 01 Sep 2025 02:16
Last Modified: 01 Sep 2025 02:16
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12352

Actions (login required)

View Item View Item