DIAH, PRAMUDITA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA PAPAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 3 SD PADA MATERI PECAHAN SEDERHANA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Papan Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar Pada Materi Pecahan Sederhana. Pendekatan yang digunakan daalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III A dan siswa kelas III B di SDN 3 Ampenan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 56 siswa. Sampel yang dipilih sebagai kelas eksperimen yaitu siswa kelas III A yang berjumlah 28 siswa dan siswa kelas III B yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Hasil nilai rata-rata yang ditunjukkan oleh kelas eksperimen pada pre-test sebesar 57,56 dan setelah dilakukan pos-test meningkat menjadi 62,5 untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata dari pre-test sebesar 47,14 dan hanya meningkat sedikit menjadi 55,71. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan bantuan aplikasi SPSS 20 for windows menunjukkan angka yang signifikan antara nilai pre-test dengan nilai post-test dengan nilai signifikansi 2-tailed (Two-Sidded p) = 0,004 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Papan Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar Pada Materi Pecahan Sederhana. Pendekatan yang digunakan daalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III A dan siswa kelas III B di SDN 3 Ampenan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 56 siswa. Sampel yang dipilih sebagai kelas eksperimen yaitu siswa kelas III A yang berjumlah 28 siswa dan siswa kelas III B yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Hasil nilai rata-rata yang ditunjukkan oleh kelas eksperimen pada pre-test sebesar 57,56 dan setelah dilakukan pos-test meningkat menjadi 62,5 untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata dari pre-test sebesar 47,14 dan hanya meningkat sedikit menjadi 55,71. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan bantuan aplikasi SPSS 20 for windows menunjukkan angka yang signifikan antara nilai pre-test dengan nilai post-test dengan nilai signifikansi 2-tailed (Two-Sidded p) = 0,004 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Diah Pramudita | |||||||||
Date Deposited: | 01 Sep 2025 02:16 | |||||||||
Last Modified: | 01 Sep 2025 02:16 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12352 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |