EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO DALAM MENINGKATKAN ASPEK KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKn DI KELAS VIII SMPIT ANAK SHOLEH MATARAM

JUMAHIR, JUMAHIR (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO DALAM MENINGKATKAN ASPEK KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKn DI KELAS VIII SMPIT ANAK SHOLEH MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari kurangnya pemahaman siswa terhadap materi PPKn yang disampaikan dengan banyaknya metode konvensional, yang menyebabkan pemahaman kognitif siswa menurun. Penelitian ini bertujuan untuk efektivitas penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan media video dalam meningkatkan aspek kognitif siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas VIII SMPIT Anak Sholeh Mataram dan untuk menjelaskan seberapa besar peningkatan aspek kognitif siswa setelah penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan media video pada mata pelajaran PPKn di kelas VIII SMPIT Anak Sholeh Mataram. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian terdiri dari 22 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan meliputi tes kognitif, media video pembelajaran, dan lembar observasi. Data dianalisis menggunakan uji-t berpasangan, perhitungan N-Gain, dan pengukuran effect size. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai siswa meningkat dari 62,25 pada pretest menjadi 80,50 pada posttest, dengan selisih 18,25 poin atau sekitar 29,30% peningkatan dari nilai awal. Nilai signifikansi uji-t sebesar 0,000 (<0,05) mengindikasikan perbedaan yang signifikan secara statistik. Perhitungan N-Gain sebesar 0,44 menunjukkan efektivitas kategori sedang, sedangkan penurunan variansi dari 80,197 menjadi 26,053 menandakan kesenjangan kemampuan antar siswa berkurang. Temuan ini membuktikan bahwa penerapan problem based learning berbantuan media video tidak hanya meningkatkan hasil belajar kognitif, tetapi juga mendorong partisipasi aktif, kemampuan berpikir kritis, serta pemahaman nilai-nilai kewarganegaraan. Model ini direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran PPKn yang relevan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di era Kurikulum Merdeka.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSRI, REJEKInip196612101993032002
Thesis advisorZEDI, MUTTAQINnidn0821128402
Uncontrolled Keywords: Problem based learning, video pembelajaran, hasil belajar kognitif
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 602 Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Jumahir Jumahir
Date Deposited: 02 Sep 2025 00:41
Last Modified: 02 Sep 2025 00:41
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12351

Actions (login required)

View Item View Item