PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MENGGUNAKAN WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD

ABDUL, MALIK (2025) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MENGGUNAKAN WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi interaktif berbasis Wordwall guna meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa di SD Aisyiyah 2 Mataram yang sebagian besar belum mencapai KKM, disebabkan kurangnya media pembelajaran interaktif yang menarik dan sesuai kebutuhan siswa. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek uji coba terdiri dari 15 siswa untuk uji terbatas dan seluruh siswa kelas V untuk uji lapangan. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi ahli, angket respon siswa, serta tes hasil belajar (pretest dan posttest). Hasil validasi ahli media dan ahli materi menunjukkan kualifikasi sangat valid. Respon siswa terhadap media memperoleh kategori sangat praktis, dan hasil analisis keefektifan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dengan kategori tinggi berdasarkan nilai gain. Dengan demikian, media pembelajaran video animasi berbasis Wordwall dinyatakan layak, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa, khususnya pada materi bangun ruang. Revisi: Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Aisyiyah 2 Mataram tahun ajaran 2025/2026 dengan jumlah 15 orang. Uji coba terbatas melibatkan 10 siswa, sedangkan uji lapangan melibatkan seluruh siswa kelas V (15 siswa).

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorABDILLAH, ABDILLAHnidn0824048301
Thesis advisorYUNI, MARIYATInidn0806068802
Uncontrolled Keywords: Video Animasi Interaktif, Wordwall, Hasil Belajar Matemati
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Abdul Malik
Date Deposited: 10 Sep 2025 02:14
Last Modified: 10 Sep 2025 02:14
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12347

Actions (login required)

View Item View Item