EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA GEOBOARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDN 35 AMPENAN

JAENAB, JAENAB (2025) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA GEOBOARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDN 35 AMPENAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan alat peraga Geoboard dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 35 Ampenan. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar matematika siswa yang disebabkan oleh pembelajaran yang masih bersifat konvensional, minimnya penggunaan media pembelajaran konkret, dan kurangnya keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut, digunakan alat peraga Geoboard sebagai media pembelajaran yang diharapkan mampu menjembatani konsep-konsep geometri yang abstrak menjadi lebih konkret dan mudah dipahami siswa Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan IV B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes pretest dan posttest. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test untuk melihat perbedaan signifikan antara kedua kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Selain itu, nilai signifikansi hasil uji t sebesar 0,049 (< 0,05) membuktikan bahwa penggunaan Geoboard efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Peningkatan hasil belajar juga terlihat dari nilai N-Gain kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga Geoboard efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi bangun datar. Penggunaan media pembelajaran yang konkret seperti Geoboard mampu meningkatkan pemahaman, minat, dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorABDILLAH, ABDILLAHnidn0806068101
Thesis advisorNURSINA, SARInidn0825059102
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga Geoboard, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Jaenab Jaenab
Date Deposited: 01 Sep 2025 02:44
Last Modified: 01 Sep 2025 02:44
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12331

Actions (login required)

View Item View Item