STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS VII B SMPN 1 PALIBELO

FITRIYANI, FITRIYANI (2025) STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS VII B SMPN 1 PALIBELO. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru PPkn dalam mengimplementasikan strategi pembelejaran berbasis proyek untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PKn di Kelas VII B SMPN 1 Pablibelo, dan menganalisis tantangan dan kendala dalam mengimplementasikan strategi pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PKn di Kelas VII B SMPN 1 Palibelo, serta menganalisis dampak pembelajaran berbasis proyek terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PKn di Kelas VII B SMPN 1 Palibelo. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan menggunakan analisis data reduksi, penyajian dan kesimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran berbasis proyek sangat efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PKn. Siswa menjadi lebih tertarik, bertanggung jawab, dan menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam menyelesaikan proyek. Strategi pembelajaran berbasis proyek memungkinkan siswa untuk lebih terlibat dalam pembelajaran karena mereka diberi kebebasan untuk mengeksplorasi ide, mengembangkan kreativitas, dan menyelesaikan proyek yang berhubungan langsung dengan kehidupan nyata serta nilai-nilai kewarganegaraan. Oleh karena itu, strategi ini direkomendasikan untuk diterapkan secara lebih luas oleh guru dalam proses pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran yang menuntut pemahaman nilai dan sikap seperti Pendidikan Kewarganegaraan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHAFSAH, HAFSAHnip196906052007012037
Thesis advisorISNAINI, ISNAINInidn0803058401
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Proyek, Motivasi Belajar
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 602 Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Fitriyani Fitriyani
Date Deposited: 01 Sep 2025 06:33
Last Modified: 01 Sep 2025 06:33
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12320

Actions (login required)

View Item View Item