PERAN GURU PPKn DALAM MENANAMKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI HAM DI LINGKUNGAN SMPN 2 MONTA KABUPATEN BIMA

ZAHIRAH, NURLAILI (2025) PERAN GURU PPKn DALAM MENANAMKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI HAM DI LINGKUNGAN SMPN 2 MONTA KABUPATEN BIMA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran dan strategi guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam menanamkan nilai-nilai Hak Asasi Manusia (HAM) kepada peserta didik di SMPN 2 Monta, Kabupaten Bima. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru PPKn dalam menanamkan pemahaman siswa terhadap HAM dan Faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung bagi guru dalam menanamkan pemahaman siswa tentang HAM. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode pengumpulan data menggunkan observasi tidak berstruktur, wawancara tidak berstruktur, dan dokumentasi kegiatan, Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PPKn memiliki peran penting dalam menanamkan nilai-nilai HAM, baik melalui kegiatan pembelajaran formal di kelas maupun aktivitas nonformal di lingkungan sekolah. Guru mengintegrasikan nilai-nilai HAM seperti kesetaraan, toleransi, dan penghormatan terhadap perbedaan dalam setiap proses pembelajaran. Strategi yang digunakan meliputi diskusi kelompok, studi kasus, pembelajaran berbasis proyek, serta pendekatan kekeluargaan yang menciptakan lingkungan belajar yang aman dan inklusif. Selain itu, kolaborasi antara guru PPKn, guru BK, dan pihak sekolah turut memperkuat proses internalisasi nilai HAM dalam diri siswa. Hasil wawancara dengan peserta didik menunjukkan bahwa mereka memiliki pemahaman yang baik tentang HAM dan mampu menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSRI, REJEKInip196906052007012037
Thesis advisorABDUL, SAKBANnidn0824048404
Uncontrolled Keywords: guru PPKn, materi HAM, SMPN 2 Monta.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Zahirah Nurlaili
Date Deposited: 01 Sep 2025 02:18
Last Modified: 01 Sep 2025 02:18
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12318

Actions (login required)

View Item View Item