PENGARUH MODEL FLIPPED CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKn DI SMPN 1 BATULAYAR KABUPATEN LOMBOK BARAT

HUSNUL, HATIMAH (2025) PENGARUH MODEL FLIPPED CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKn DI SMPN 1 BATULAYAR KABUPATEN LOMBOK BARAT. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
COVER - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan berperan penting dalam membentuk karakter dan kecerdasan siswa, namun di SMPN 1 Batulayar masih ditemukan rendahnya kemandirian belajar, terutama dalam mata pelajaran PPKn. Siswa cenderung pasif dan bergantung pada guru, serta kurang memanfaatkan teknologi untuk belajar mandiri. Model flipped classroom dinilai efektif dalam meningkatkan kemandirian belajar karena memungkinkan siswa memahami materi secara mandiri di luar kelas dan aktif berdiskusi saat di kelas. Berdasarkan kondisi tersebut, peneliti tertarik meneliti pengaruh model flipped classroom terhadap kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran PPKn di SMPN 1 Batulayar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen dan desain one-group pretest-posttest untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap kemandirian belajar siswa kelas VIII-A SMPN 1 Batulayar. Subjek penelitian berjumlah 31 siswa, dan data dikumpulkan melalui observasi, angket, serta dokumentasi. Instrumen diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan korelasi item-total dan Cronbach’s Alpha. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas (Shapiro-Wilk), uji homogenitas, dan uji-t guna mengetahui signifikansi pengaruh model pembelajaran terhadap kemandirian belajar siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa model flipped classroom secara signifikan meningkatkan kemandirian belajar siswa SMPN 1 Batulayar, dengan hasil uji t menunjukkan signifikansi 0,001. Instrumen yang digunakan telah terbukti valid dan reliabel, serta data yang diperoleh memenuhi syarat normalitas dan homogenitas. Model ini mendorong siswa untuk belajar mandiri sebelum kelas dan aktif saat pembelajaran tatap muka, sehingga menumbuhkan tanggung jawab, disiplin, dan inisiatif belajar. Dengan dukungan teknologi dan peran guru sebagai fasilitator, flipped classroom terbukti efektif membentuk kemandirian belajar sesuai tuntutan pendidikan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSRI, REJEKInip196612101993032002
Thesis advisorABDUL, SAKBANnidn0824048404
Uncontrolled Keywords: Flipped Classroom, Kemandirian Belajar, PPKn
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Husnul Hatimah
Date Deposited: 01 Sep 2025 06:06
Last Modified: 01 Sep 2025 06:06
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12295

Actions (login required)

View Item View Item