HUSNUL, HATIMAH (2025) PENGARUH MODEL FLIPPED CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKn DI SMPN 1 BATULAYAR KABUPATEN LOMBOK BARAT. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
COVER - DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan berperan penting dalam membentuk karakter dan kecerdasan siswa, namun di SMPN 1 Batulayar masih ditemukan rendahnya kemandirian belajar, terutama dalam mata pelajaran PPKn. Siswa cenderung pasif dan bergantung pada guru, serta kurang memanfaatkan teknologi untuk belajar mandiri. Model flipped classroom dinilai efektif dalam meningkatkan kemandirian belajar karena memungkinkan siswa memahami materi secara mandiri di luar kelas dan aktif berdiskusi saat di kelas. Berdasarkan kondisi tersebut, peneliti tertarik meneliti pengaruh model flipped classroom terhadap kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran PPKn di SMPN 1 Batulayar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen dan desain one-group pretest-posttest untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap kemandirian belajar siswa kelas VIII-A SMPN 1 Batulayar. Subjek penelitian berjumlah 31 siswa, dan data dikumpulkan melalui observasi, angket, serta dokumentasi. Instrumen diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan korelasi item-total dan Cronbach’s Alpha. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas (Shapiro-Wilk), uji homogenitas, dan uji-t guna mengetahui signifikansi pengaruh model pembelajaran terhadap kemandirian belajar siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa model flipped classroom secara signifikan meningkatkan kemandirian belajar siswa SMPN 1 Batulayar, dengan hasil uji t menunjukkan signifikansi 0,001. Instrumen yang digunakan telah terbukti valid dan reliabel, serta data yang diperoleh memenuhi syarat normalitas dan homogenitas. Model ini mendorong siswa untuk belajar mandiri sebelum kelas dan aktif saat pembelajaran tatap muka, sehingga menumbuhkan tanggung jawab, disiplin, dan inisiatif belajar. Dengan dukungan teknologi dan peran guru sebagai fasilitator, flipped classroom terbukti efektif membentuk kemandirian belajar sesuai tuntutan pendidikan.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Flipped Classroom, Kemandirian Belajar, PPKn | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Husnul Hatimah | |||||||||
Date Deposited: | 01 Sep 2025 06:06 | |||||||||
Last Modified: | 01 Sep 2025 06:06 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12295 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |