DINAMIKA KURIKULUM PKN DALAM PERSPEKTIF TANTANGAN DAN HAMBATAN DI ERA MULTIKULTURALISME DI SEKOLAH SMAN 4 KOTA BIMA

NURINTAN, PUTRI HANDAYANI (2025) DINAMIKA KURIKULUM PKN DALAM PERSPEKTIF TANTANGAN DAN HAMBATAN DI ERA MULTIKULTURALISME DI SEKOLAH SMAN 4 KOTA BIMA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dinamika kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dalam menghadapi tantangan dan hambatan di era multikulturalisme di SMAN 4 Kota Bima. Fokus utama penelitian ini adalah bagaimana peran guru dalam mengembangkan kurikulum PKn, bagaimana kurikulum tersebut membentuk karakter kewarganegaraan siswa, serta bagaimana evaluasi terhadap pelaksanaan kurikulum dilakukan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran strategis dalam mengadaptasi kurikulum agar sesuai dengan nilai-nilai multikulturalisme, seperti toleransi, keadilan, dan penghargaan terhadap keberagaman. Namun demikian, hambatan yang dihadapi meliputi keterbatasan materi ajar yang relevan, kurangnya pelatihan bagi guru, serta resistensi budaya dalam lingkungan sekolah. Evaluasi kurikulum menunjukkan perlunya peningkatan pada integrasi nilai-nilai multikultural dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merekomendasikan penguatan pelatihan guru, pengembangan kurikulum yang lebih inklusif, dan kolaborasi dengan komunitas lokal untuk mendukung pendidikan kewarganegaraan yang kontekstual dan responsif terhadap keberagaman.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHAFSAH, HAFSAHnip196906052007012037
Thesis advisorABDUL, SAKBANnidn0824048404
Uncontrolled Keywords: Kurikulum PKn, Tantangan, Hambatan, Multikulturalisme.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 375 Kurikulum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Nurintan Putri Handayani
Date Deposited: 29 Aug 2025 07:43
Last Modified: 29 Aug 2025 07:43
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12234

Actions (login required)

View Item View Item