HUBUNGAN MODEL SELF DIRECTED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKn KELAS VIII SMPN 21 MATARAM

ENI, CITRA LESTARI (2025) HUBUNGAN MODEL SELF DIRECTED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKn KELAS VIII SMPN 21 MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan berperan penting dalam membentuk kepribadian dan prestasi belajar siswa, khususnya dalam mata pelajaran PPKn yang menuntut sikap aktif dan bertanggung jawab. Di SMPN 21 Mataram, masih ditemukan rendahnya minat belajar, ketergantungan pada guru, dan lemahnya kebiasaan belajar mandiri, yang menjadi kendala dalam pencapaian prestasi belajar. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah model Self Directed Learning, yang mendorong siswa untuk belajar secara mandiri dan bertanggung jawab atas proses belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara model Self Directed Learning dengan prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PPKn di SMPN 21 Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 25 siswa kelas VIIIA, pengambilan sampel melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui observasi dan angket skala likert, kemudian dianalisis dengan uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, dan korelasi bivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen angket valid (r > 0,632) dan reliabel (α = 0,967), serta data memenuhi asumsi statistik. Uji korelasi menghasilkan hubungan yang sangat kuat dan positif antara Self Directed Learning dan prestasi belajar (rhitung = 0,857 > rtabel = 0,396). Artinya, hipotesis nol (H₀) ditolak, dan hipotesis alternatif (Hₐ) diterima.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSRI, REJEKInip196612101993032002
Thesis advisorZEDI, MUTTAQINnidn0821128402
Uncontrolled Keywords: Self Directed Learning (SDL), Prestasi Belajar, PPKn
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Eni Citra Lestari
Date Deposited: 29 Aug 2025 07:30
Last Modified: 29 Aug 2025 07:30
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12228

Actions (login required)

View Item View Item