PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MTs NW SENYIUR

MUHAMAD, MUHAMAD (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MTs NW SENYIUR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di MTs NW Senyiur melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan video. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan model PBL berbantuan video terhadap hasil belajar siswa serta untuk meningkatkan peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan model tersebut pada tahun ajaran 2024/2025. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain eksperimen semu (quasi-experimental design) dengan tipe nonequivalent control group design. Penelitian ini melibatkan 42 siswa, yang terdiri dari 21 siswa di kelas eksperimen (IX A) dan 21 siswa di kelas kontrol (IX B). Data dikumpulkan melalui lembar observasi, tes yang terdiri dari pilihan ganda dan esai, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji homogenitas perenang dan uji hipotesis menggunakan Independent Sample t-test. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh signifikan dari penerapan model PBL berbantuan video terhadap peningkatan hasil belajar siswa di MTs NW Senyiur. Selain itu, pengujian effect size menunjukkan nilai 0.6, yang mengindikasikan bahwa dampak PBL berada dalam kriteria efek sedang (0.5 ≤ d ≥ 0.8). Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL tidak hanya meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan, tetapi juga berkontribusi pada pengembangan keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi siswa.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorCANDRA, CANDRAnidn0810058503
Thesis advisorALIAHARDI, WINATAnidn0814098601
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Hasil Belajar
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 602 Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Muhamad Muhamad
Date Deposited: 29 Aug 2025 07:40
Last Modified: 29 Aug 2025 07:40
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12198

Actions (login required)

View Item View Item