HUBUNGAN KONDISI LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KEPUASAN BELAJAR SISWA DI MTS AL-AMIN GERSIK

DINA, SAFITRI (2025) HUBUNGAN KONDISI LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KEPUASAN BELAJAR SISWA DI MTS AL-AMIN GERSIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only until September 2025.

Download (78MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only until September 2025.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan memiliki peran strategis dalam pengembangan potensi dan karakter siswa, di mana lingkungan sekolah yang nyaman, aman, dan memiliki fasilitas memadai sangat memengaruhi tingkat kepuasan belajar. MTS Al-Amin Gersik secara umum telah menyediakan sarana pendidikan yang baik, namun masih dihadapkan pada kendala seperti pemeliharaan fasilitas, keterbatasan ruang kelas, dan belum optimalnya pemanfaatan teknologi. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kondisi lingkungan sekolah dengan kepuasan belajar siswa serta memberikan rekomendasi yang dapat mendukung peningkatan kualitas pembelajaran di MTS Al-Amin Gersik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional untuk mengetahui hubungan antara kondisi lingkungan sekolah dan kepuasan belajar siswa di MTs Al-Amin Gersik. Penelitian melibatkan 71 siswa sebagai sampel dari populasi 150 siswa yang dipilih secara acak. Variabel bebas adalah kondisi lingkungan sekolah, sedangkan variabel terikat adalah kepuasan belajar siswa. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala Likert dan observasi langsung, serta diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan korelasi item-total dan Cronbach’s Alpha. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas, homogenitas, korelasi bivariat, dan uji hipotesis untuk mengetahui kekuatan dan arah hubungan antar variabel. Penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen angket yang digunakan valid dan reliabel, ditunjukkan dengan seluruh pernyataan lolos uji validitas serta nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,880 yang mencerminkan konsistensi internal yang tinggi. Uji normalitas dan homogenitas juga menunjukkan bahwa data memenuhi asumsi distribusi normal dan varians homogen, sehingga memungkinkan penggunaan uji korelasi Pearson. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara kondisi lingkungan sekolah dengan kepuasan belajar siswa dengan koefisien korelasi sebesar (r = 0,734). Hubungan tersebut setara dengan kontribusi sebesar 53,88%, yang menunjukkan bahwa kondisi lingkungan sekolah berperan cukup kuat dalam membentuk kepuasan belajar siswa. Lingkungan yang bersih, aman, dan mendukung memungkinkan proses pengajaran berlangsung lebih efektif dan mendorong keterlibatan siswa secara lebih aktif dalam pembelajaran. Kata Kunci: Lingkungan Sekolah, Kepuasan Belajar Siswa

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorCANDRA, CANDRAnidn0810058503
Thesis advisorZEDI, MUTTAKINnidn0821128402
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Sekolah, Kepuasan Belajar Siswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Dina Safitri
Date Deposited: 29 Aug 2025 02:35
Last Modified: 29 Aug 2025 02:35
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12190

Actions (login required)

View Item View Item