FAKTOR- FAKTOR YANG MENENTUKAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA BARBERSHOP DI MATARAM

TEGUH, ANUGRAH (2020) FAKTOR- FAKTOR YANG MENENTUKAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA BARBERSHOP DI MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
cover-bab3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV (pdf.io).pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V (pdf.io).pdf

Download (5MB)

Abstract

Media sosial pada dasarnya dianggap sebagai salah satu media komunikasi. Media sosial pada umumnya adalah sebuah media yang digunakan untuk bersosialisasi (berhubungan, baik secara personal, kelompok dan lain sebagainya) antar penggunanya tidak terkecuali komunitas bisnis Indonesia salah satunya adalah media sosial Instagram. Instagram merupakan salah satu aplikasi jejaring sosial yang digunakan untuk berbagi foto dan vidio yang memungkinkan pengguna mengambil foto dan membagikannya kepada pengikutnya. Cara inilah yang digunakan Barbeshop untuk mempromosikan produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menentukan penggunan media sosial Instagram sebagai media promosi pada Barbeshop yang ada di Mataram yaitu Kognitif, Afektif, Integrasi Personal, Integrasi Sosial, Melepas Ketegangan, Kemudahan Akses, Biaya Relatif dan Life Style Envy dengan 3 (tiga) Barbershop diantaranya Friends Barbershop, Woods Barbershop dan Crowns Up Barbeshop menawarkan jasa pelayanan cukur rambut dan lain-lain. Metode yang digunakan kualitatif deskriptif. Informan pada penelitian ini terbagi atas 2 (dua) yaitu informan kunci dan informan utama. Analisis data menggunakan model perbandingan tetap Proses analisis datanya mencakup reduksi data, kategori data, dan sisntesisasi. Dari 8 (delapan) faktor yang menentukan penggunaan media sosail Instagram sebagai media promosi pada Barbeshop pada 7 (tujuh) faktor yang menentukan Barbershop@friendsbarbershop @crownsupbarbershop_mataram @woodsbarbershop menggunakan Instagram sebagai media promosi pada Barbeshop mereka yaitu, Faktor Kognitif, Afektif, Integrasi Personal, Integrasi Sosial, Melepas Ketegangan, Kemudahan Akses, Biaya Relatif. Untuk Life Style Envy atau Kecemburuan Gaya Hidup. Dan peneliti menemukan satu faktor yang menjadi faktor Barbeshop @friendsbarbershop, @crownsupbarbershop_mataram dan @woodsbarbaershop menggunakan Instagram sebagai media promosi, yaitu inovasi fitur pada Instagram itu sendiri yaitu Insta Stories dan Siaran langsung. Fitur ini lebih banyak dilihat konsumen karena terletak pada bagian atas time line Instagram dan memudahkan Barbeshop lebih cepat mempromosikan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMUHAMMAD, ALInidn0806066801
Thesis advisorSULHAN, HADInidn0813038202
Uncontrolled Keywords: Promosi, Instagram, Barbeshop
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Bisnis > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Muhammad Soadikin
Date Deposited: 14 Sep 2020 04:10
Last Modified: 17 Jun 2021 03:07
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1219

Actions (login required)

View Item View Item