MODEL KOOPERATIF ROUNDTABLE TERHADAP KEMAMPUAN INOVATIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS VIII SMPN 2 LABUAPI

JULIANTI, JULIANTI (2025) MODEL KOOPERATIF ROUNDTABLE TERHADAP KEMAMPUAN INOVATIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS VIII SMPN 2 LABUAPI. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Pancasila di SMPN 2 Labuapi kerap menghadapi tantangan berupa rendahnya keterlibatan siswa dan kurangnya inisiatif dalam mengemukakan ide. Kondisi ini membatasi pengembangan kemampuan berpikir inovatif dan keterampilan kolaborasi. Model pembelajaran kooperatif tipe Roundtable menawarkan pendekatan yang mendorong partisipasi aktif melalui diskusi bergiliran, sehingga setiap siswa memiliki kesempatan setara untuk menyampaikan pendapat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas VIII di SMPN 2 Labuapi, yaitu kelas eksperimen (VIII A) dan kelas kontrol (VIII B), berjumlah 53 siswa. Instrumen pengumpulan data meliputi observasi, kuesioner skala Likert 5 poin sebanyak 10 butir, serta analisis statistik mencakup uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, uji-t, dan Chi-Square. Uji hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Roundtable efektif meningkatkan partisipasi dan kemampuan berpikir inovatif siswa. Uji normalitas dan homogenitas memenuhi syarat analisis parametrik, sehingga uji-t dilakukan dan menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05). Uji Chi-Square (χ²) sebesar 15,247 dengan signifikansi 0,004 dan kekuatan asosiasi 0,75 (kategori kuat) menguatkan hubungan antara penerapan model dan kategori kemampuan inovatif. Persentase distribusi menunjukkan bahwa 56,52% siswa pada tipe Roundtable inovatif berada pada kategori sangat tinggi.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHAFSAH, HAFSAHnip196906052007012037
Thesis advisorZEDI, MUTTAQINnidn0821128402
Uncontrolled Keywords: Kooperatif Roundtable, Kemampuan Inovatif, PPKn
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Julianti Julianti
Date Deposited: 29 Aug 2025 02:38
Last Modified: 29 Aug 2025 02:38
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12184

Actions (login required)

View Item View Item