EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN PPKn TERHADAP PENINGKATAN PARTISIPASI SISWA DI SMPN 1 BOLO

PUTRI, ANDRIANI (2025) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN PPKn TERHADAP PENINGKATAN PARTISIPASI SISWA DI SMPN 1 BOLO. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
SIMILARITY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya partisipasi siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SMPN 1 Bolo akibat dominasi metode konvensional dan minimnya pemanfaatan teknologi. Tujuan penelitian adalah menganalisis efektivitas penggunaan media digital terhadap peningkatan partisipasi siswa serta membandingkannya dengan metode pembelajaran konvensional. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen One Group Pretest-Posttest pada dua kelompok, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel terdiri dari 60 siswa kelas VII. Data dikumpulkan melalui angket partisipasi siswa yang telah diuji validitas dan reliabilitas, kemudian dianalisis menggunakan Uji Wilcoxon Signed-Rank dan Uji Mann-Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media digital efektif meningkatkan partisipasi siswa. Pada kelas eksperimen, rata-rata skor partisipasi meningkat dari 69,04 (pretest) menjadi 93,64 (posttest) dengan signifikansi < 0,001. Kelas kontrol juga mengalami peningkatan dari 68,03 menjadi 72,94, tetapi dengan selisih yang lebih rendah. Uji Mann-Whitney menunjukkan perbedaan signifikan antara kedua kelompok (p < 0,001), dengan mean rank kelas eksperimen 46,50 dan kelas kontrol 16,50. Kesimpulannya, media digital terbukti lebih efektif dibanding metode konvensional dalam meningkatkan partisipasi siswa pada pembelajaran PPKn di SMPN 1 Bolo. Kata kunci : Media, Partisipasi Siswa, PPKn, Efektivitas Pembelajaran.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHAFSAH, HAFSAHnip196906052007012037
Thesis advisorISNAINI, ISNAINInidn0803058401
Uncontrolled Keywords: Media, Partisipasi Siswa, PPKn, Efektivitas Pembelajaran.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Putri Andriani
Date Deposited: 29 Aug 2025 03:01
Last Modified: 29 Aug 2025 03:02
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12176

Actions (login required)

View Item View Item