RAMA, AGUNG PAPANDA SUDRISNO GARUT (2025) DIGITAL ETHICS AWARENESS AND ITS IMPLICATIONS IN TEACHING ENGLISH AS A FOREIGN LANGUAGE (EFL). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian "Kesadaran Etika Digital dan Implikasinya dalam Pengajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL)" ini mengeksplorasi hubungan antara kesadaran mahasiswa terhadap etika digital dan dampaknya terhadap proses pembelajaran dan pengajaran Bahasa Inggris dalam lingkungan digital. Seiring dengan meningkatnya integrasi teknologi digital dalam pendidikan Bahasa Inggris, isu-isu etis seperti plagiarisme, penyebaran informasi yang keliru, privasi, dan komunikasi yang santun menjadi perhatian utama di dalam kelas EFL. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana tingkat kesadaran mahasiswa terhadap etika digital memengaruhi sikap dan perilaku mereka dalam konteks pembelajaran Bahasa Inggris. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester enam Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris pada tahun akademik 2023-2024, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang memiliki tingkat kesadaran etika digital yang lebih tinggi cenderung menggunakan teknologi pembelajaran Bahasa Inggris secara lebih bertanggung jawab, baik dalam memanfaatkan sumber daring, platform pembelajaran, maupun komunikasi digital. Namun demikian, penelitian ini juga menemukan bahwa terdapat tantangan dalam mengintegrasikan etika digital ke dalam pengajaran Bahasa Inggris, khususnya karena perkembangan teknologi yang sangat cepat dan belum adanya pembelajaran formal terkait etika digital. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peningkatan kesadaran terhadap etika digital sangat penting dalam mendukung perilaku etis dan membentuk budaya digital yang bertanggung jawab di kalangan pembelajar EFL. Integrasi etika digital dalam pendidikan Bahasa Inggris dapat memperkuat integritas akademik serta meningkatkan efektivitas proses pembelajaran bahasa.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Etika Digital, EFL, Pengajaran Bahasa Inggris, Kesadaran Etis, Pembelajaran Daring, Integritas Akademik | |||||||||
Subjects: | 400 Bahasa > 420 Bahasa Inggris, Anglo-Saxon 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Rama Agung Papanda Sudrisno Garus | |||||||||
Date Deposited: | 29 Aug 2025 02:13 | |||||||||
Last Modified: | 29 Aug 2025 02:13 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12137 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |