ANNA, BELLA (2025) TINJAUAN YURIDIS PENCANTUMAN KLAUSULA EKSONERASI DALAM PENGELOLA PARKIR DI KOPERASI KONSUMEN SYARIAH BERKAH SEHAT MANDIRI RSUD PROVINSI NTB. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (995kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai pencantuman klausula eksonerasi dalam pengelolaan parkir di Koperasi Konsumen Syariah Berkah Sehat Mandiri RSUD Provinsi NTB. Latar belakang penelitian ini berangkat dari banyaknya permasalahan yang timbul akibat pencantuman klausula eksonerasi pada tiket parkir, dimana pengelola parkir sering kali tidak bertanggung jawab atas kerugian yang dialami pengguna jasa parkir. Hal ini bertentangan dengan prinsip perlindungan konsumen sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketentuan klausula eksonerasi dalam hukum positif serta mengetahui pelaksanaannya dalam pengelolaan parkir di RSUD Provinsi NTB. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan normatif-empiris, dengan data primer diperoleh melalui wawancara dan observasi, serta data sekunder dari dokumen hukum dan literatur terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa klausula eksonerasi dalam pengelolaan parkir sering kali digunakan oleh pelaku usaha untuk menghindari tanggung jawab atas kerugian konsumen. Meskipun demikian, Koperasi Konsumen Syariah Berkah Sehat Mandiri RSUD Provinsi NTB tetap berupaya bertanggung jawab terhadap kerugian pengguna jasa parkir selama bukti karcis dapat ditunjukkan. Hal ini menunjukkan adanya upaya koperasi dalam menjaga kepercayaan konsumen. Kesimpulannya, pencantuman klausula eksonerasi pada karcis parkir tidak sepenuhnya dapat dibenarkan secara hukum, terutama jika bertentangan dengan prinsip perlindungan konsumen. Saran bagi pengelola parkir adalah memperhatikan ketentuan hukum yang berlaku agar tidak merugikan konsumen dan tetap menjaga itikad baik dalam memberikan pelayanan.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Klausula, Eksonerasi, Jasa, Parkir | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 340 Hukum 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Hukum > Hukum > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Anna Bella | |||||||||
Date Deposited: | 26 Aug 2025 07:15 | |||||||||
Last Modified: | 26 Aug 2025 07:15 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/11987 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |