AN ANALYSIS OF THE ADVANTAGES OF SOCIAL MEDIA USE ON LEARNING ENGLISH

SITI, RAHMA WATI (2025) AN ANALYSIS OF THE ADVANTAGES OF SOCIAL MEDIA USE ON LEARNING ENGLISH. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Era digital telah mengintegrasikan media sosial sebagai bagian penting dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam bidang pendidikan. Platform seperti Instagram, YouTube, TikTok, Facebook, dan Twitter kini dimanfaatkan sebagai alat pembelajaran bahasa Inggris yang inovatif dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keuntungan penggunaan media sosial dalam pembelajaran bahasa Inggris, menganalisis bagaimana media sosial dapat dimanfaatkan secara efektif dalam pembelajaran, dan mengeksplorasi persepsi siswa terhadap penggunaan media sosial dalam proses pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif dengan teknik purposive sampling melibatkan 15 siswa SMAN 1 Labuapi. Metode pengumpulan data meliputi observasi langsung, wawancara semi-terstruktur, dan kuesioner online. Data dianalisis menggunakan analisis tematik dan statistik deskriptif untuk mengidentifikasi pola dan tema yang muncul. Hasil menunjukkan bahwa siswa aktif menggunakan berbagai platform media sosial untuk meningkatkan kemampuan speaking, listening, reading, dan writing bahasa Inggris. Media sosial menyediakan lingkungan pembelajaran yang interaktif, fleksibel, dan menarik secara visual. Lebih dari 80% responden setuju bahwa media sosial meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri dalam menggunakan bahasa Inggris. Namun, tantangan berupa distraksi konten hiburan dan kesulitan menemukan sumber terpercaya tetap ditemukan. Media sosial terbukti sebagai alat yang efektif untuk pembelajaran bahasa Inggris ketika digunakan dengan strategi yang tepat, memberikan pengalaman belajar yang autentik dan meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorETIKA, ARYANInidn0806048002
Thesis advisorILHAM, ILHAMnidn0821048601
Uncontrolled Keywords: Media sosial, pembelajaran bahasa Inggris, keterampilan Bahasa.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Siti Rahma Wati
Date Deposited: 22 Aug 2025 05:54
Last Modified: 22 Aug 2025 05:54
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/11878

Actions (login required)

View Item View Item