PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MEMBENTUK KARAKTER TOLERANSI PADA SISWA DI SMP NEGERI 17 MATARAM

HARYATI, HARYATI (2025) PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MEMBENTUK KARAKTER TOLERANSI PADA SISWA DI SMP NEGERI 17 MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pembentukan dan penanaman nilai-nilai toleransi merupakan bagian dari pendidikan karakter di sekolah. Dalam konteks pembelajaran di sekolah, guru Pendidikan pancasila memegang peran sentral dalam membentuk karkater toleransi siswa sebagai bagian dari upaya menciptkan generasi yang demokratis, humanis dan menjunjung keberagaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Pendidikan pancasila dalam membentuk karakter toleransi siswa, dan untuk mengetahui sikap toleransi siswa di SMPN 17 Mataram. Fokus utama dalam penelitian ini adalah peran guru Pendidikan Pancasila dalam membentuk karakter toleransi pada siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriprif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan metode analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimulan/verfikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulakan bahwa, (1) Peran guru dalam membentuk karakter toleransi siswa di SMPN 17 Mataram sudah melaksanakan perannya dengan baik yaitu guru Pendidikan Pancasila memberikan penjelasan mengenai konsep-konsep toleransi kapada siswa, menginternalisasikan nilai-nilai toleransi dalam pembelajaran di kelas dengan menggunakan metode pembelajaran diskusi, studi kasus, bermain peran serta kegiatan kelompok lain dan selain itu guru Pendidikan Pancasila di SMPN 17 Mataram juga menjalankan peran sebagai teladan dalam besikap dan berperilaku sehari-hari, sehingga dapat memberikan contoh nyata nilai-nilai toleransi dalam lingkungan sekolah, (2) sikap Siswa di SMPN 17 Mataram telah menunjukkan sikap toleransi yang cukup baik terhadap keberagaman, baik dalam aspek suku, agama, ras, budaya, maupun perbedaan pendapat. Hal ini tercermin dari perilaku siswa yang tidak melakukan diskriminasi terhadap teman yang memiliki latar belakang berbeda, serta mampu menghargai dan menghormati setiap bentuk perbedaan yang ada di lingkungan sekolah. Sikap tersebut menunjukkan bahwa nilai-nilai toleransi telah tertanam dan tercermin dalam interaksi sosial antar siswa.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorCANDRA, CANDRAnidn0810058503
Thesis advisorISNAINI, ISNAINInidn0803058401
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Pendidikan Pancasila, karakter toleransi.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Haryati Haryati
Date Deposited: 15 Aug 2025 05:57
Last Modified: 15 Aug 2025 05:57
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/11744

Actions (login required)

View Item View Item