KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS UNTUK EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI MI AN-NAJAH SESELA GUNUNG SARI LOMBOK BARAT TAHUN 2025

YUSRON, AMIN (2025) KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS UNTUK EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI MI AN-NAJAH SESELA GUNUNG SARI LOMBOK BARAT TAHUN 2025. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan kesadaran akan pentingnya kemampuan guru dalam mengelola kelas sebagai kunci terciptanya proses pembelajaran yang efektif di MI An-Najah Sesela, Gunungsari, Lombok Barat. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, studi ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi jenis keterampilan manajemen kelas yang diterapkan oleh guru guna meningkatkan efektivitas kegiatan belajar mengajar di MI An-Najah Sesela Gunungsari Lombok Barat; dan (2) mengevaluasi faktor-faktor yang mendukung maupun menghambat guru dalam proses pengelolaan kelas tersebut. Subjek penelitian mencakup guru serta siswa kelas III di lembaga tersebut. Data dikumpulkan melalui tiga teknik utama, yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya, data dianalisis melalui proses reduksi, penyajian data, penarikan kesimpulan, serta pengujian validitas. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa guru kelas III MI An-Najah Sesela telah menguasai berbagai keterampilan penting dalam pengelolaan kelas secara efektif. Keterampilan tersebut meliputi kemampuan dalam bertanya, memberikan penguatan, melakukan variasi dalam pembelajaran, menyampaikan materi dengan jelas, membuka dan menutup pelajaran secara sistematis, mengelola kelas secara keseluruhan, memfasilitasi diskusi kelompok kecil, serta memberikan pengajaran secara individual maupun kelompok kecil. Selain itu, guru juga mampu memanfaatkan teknologi pembelajaran serta mendampingi siswa berkebutuhan khusus. Adapun faktor yang mendukung keberhasilan pengelolaan kelas antara lain berasal dari peran guru dan dukungan keluarga, sedangkan hambatan utama ditemukan pada karakteristik peserta didik dan keterbatasan sarana prasarana yang tersedia.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSUWANDI, SUWANDInidn0814067001
Thesis advisorMUHAMMAD, MUSFIATUL WARDInidn0817038302
Uncontrolled Keywords: Guru, Mengelola Kelas, Efektifitas Pembelajaran
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 602 Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Yusron Amin
Date Deposited: 13 Aug 2025 07:00
Last Modified: 13 Aug 2025 07:00
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/11722

Actions (login required)

View Item View Item