METODE PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PENINGKATAN MENULIS KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 5 MI AL-MADANIYAH JEMPONG

IKIE, NURJANAH (2025) METODE PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PENINGKATAN MENULIS KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 5 MI AL-MADANIYAH JEMPONG. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (870kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan menulis kreatif siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya dikelas V MI Al-Madaniyah Jempong. Permasalahan yang diangkat dalam peneltian ini adalah rendahnya motivasi dan minat siswa dalam menulis, serta kurangnya penerapan metode pembelajaran yang relevan dengan pengalaman nyata siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan kontekstual mampu meningkatkan keterlibatan siswa, mempermudah mereka memahami materi, serta mendorong ekspresi ide secara kreatif dan orisional. Penerapan strategi yang mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari terbukti efektif dalam membangkitkan semangat dan keterampilan menulis siswa. Oleh karena itu, metode ini sangat direkomendasikan untuk diterapkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia ditingkat dasar guna mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKHAERUDDIN, SAIDnidn2128076201
Thesis advisorAQODIAH, AQODIAHnidn0815027401
Uncontrolled Keywords: Pendekatan kontekstual, menulis kreatif, pembelajaran bahasa Indonesia, siswa MI.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Ikie Nurjanah
Date Deposited: 13 Aug 2025 06:41
Last Modified: 13 Aug 2025 06:41
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/11712

Actions (login required)

View Item View Item