ETIKA BISNIS ISLAMI DENGAN SISTEM PEMASARAN LIVE APLIKASI INSTAGRAM PADA TOKO EMAS VELYN PAGUTAN

MARHAEN, DARA SILVA (2025) ETIKA BISNIS ISLAMI DENGAN SISTEM PEMASARAN LIVE APLIKASI INSTAGRAM PADA TOKO EMAS VELYN PAGUTAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (887kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan etika bisnis Islami dalam sistem pemasaran melalui live Instagram pada Toko Emas Velyn Pagutan dan untuk mengetahui penerapan etika bisnis Islami dalam pemasaran live Instagram mampu meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap Toko Emas Velyn Pagutan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah pemilik toko,karyawan,dan konsumen pada toko emas Velyn Pagutan. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data berupa obeservasi,wawancara,dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan melakukan pengumpulan data,reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan etika bisnis Islami dalam sistem pemasaran melalui Live Instagram pada Toko Emas Velyn memainkan peran penting dalam membangun kepercayaan dan loyalitas konsumen. Toko Emas Velyn secara konsisten menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis Islami, seperti kejujuran, transparansi, keadilan, dan kebebasan konsumen dalam setiap interaksi pemasaran yang dilakukan, terutama melalui sesi Instagram Live. Etika bisnis Islami yang diterapkan oleh Toko Emas Velyn, yang mencakup menjaga transparansi harga dan kualitas produk, serta menghindari pemaksaan atau janji palsu, berhasil menciptakan hubungan yang lebih personal dan lebih dipercaya oleh konsumen. Prinsip ini sangat penting dalam meningkatkan kepercayaan konsumen dan menjalin hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorZAENAFI, ARIANInidn0804068201
Thesis advisorNUR, FITRI HIDAYANTInidn0807089004
Uncontrolled Keywords: Etika Bisnis Islami, Sistem Pemasaran,Live Aplikasi Instagram
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 602 Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Marhaen Dara Silva
Date Deposited: 12 Aug 2025 06:44
Last Modified: 12 Aug 2025 06:44
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/11706

Actions (login required)

View Item View Item