MARKETING MIX KERAJINAN GERABAH DI DESA BANYUMULEK PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

RIZQI, RIDHA ADDINY (2025) MARKETING MIX KERAJINAN GERABAH DI DESA BANYUMULEK PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kerajinan gerabah merupakan salah satu bidang dalam industri berskala kecil. Kerajinan itu sendiri adalah hasil produksi yang membutuhkan keterampilan tangan untuk menciptakan berbagai benda yang berguna dalam kehidupan sehari-hari, sekaligus memiliki nilai estetika. Menurut Soeroto, seni kerajinan merupakan kegiatan produktif di luar sektor pertanian yang bisa menjadi mata pencaharian utama maupun tambahan. Karena sifatnya yang bersifat ekonomi, kegiatan ini termasuk dalam kategori industri. Dari tradisi masyarakat, muncullah istilah "kerajinan" untuk menyebut karya yang dibuat oleh para "perajin". Penelitian ini berjudul “ Marketing Mix Kerajinan Gerabah di Desa Banyumulek Perspektif Ekonomi Syariah”. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.Dari hasil penelitian yang dilakukan, bahwa strategi bauran pemasaran (marketing mix) kerajinan gerabah di Desa Banyumulek, jika ditinjau dari perspektif ekonomi syariah, telah mencakup unsur-unsur utama yaitu produk, harga, distribusi, promosi, pelaku, dan proses.Produk gerabah memiliki nilai budaya dan estetika tinggi, sesuai prinsip halal dan thayyib.Penetapan harga mempertimbangkan kualitas dan daya beli masyarakat, sejalan dengan prinsip keadilan. Lokasi penjualan strategis memudahkan akses konsumen, didukung promosi melalui pameran, media sosial, dan kerja sama pariwisata.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorZAENAFI, ARIANInidn0804068201
Thesis advisorNUR, FITRI HIDAYANTInidn0807089004
Uncontrolled Keywords: Marketing mix, kerajinan gerabah, perspektif ekonomi syariah
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 602 Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rizqi Ridha Addiny
Date Deposited: 12 Aug 2025 06:42
Last Modified: 12 Aug 2025 06:42
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/11705

Actions (login required)

View Item View Item