STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH PEREMPUAN PADA PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN DI MIN 1 MATARAM

USWATUN, USWATUN (2025) STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH PEREMPUAN PADA PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN DI MIN 1 MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala madrasah perempuan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di MIN 1 Mataram. Fokus penelitian diarahkan untuk memahami bagaimana kepala madrasah perempuan menghadapi tantangan kepemimpinan dan mengimplementasikan strategi yang efektif di lingkungan pendidikan madrasah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari kepala madrasah, guru, siswa, dan komite madrasah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala madrasah perempuan di MIN 1 Mataram menerapkan tiga strategi utama, yaitu: strategi partisipatif, strategi komunikatif, dan strategi religius. Strategi partisipatif ditunjukkan melalui pelibatan seluruh warga madrasah dalam pengambilan keputusan, sedangkan strategi komunikatif diwujudkan melalui pembinaan profesionalisme guru secara berkelanjutan. Adapun strategi religius tercermin dalam upaya menciptakan lingkungan belajar yang Islami dan kondusif. Kepemimpinan yang dijalankan oleh kepala madrasah perempuan mampu meningkatkan mutu pendidikan secara signifikan, yang ditandai dengan peningkatan prestasi akademik siswa serta meningkatnya partisipasi masyarakat dalam mendukung program-program madrasah. Meski dihadapkan pada tantangan stereotip gender dan keterbatasan fasilitas, kepala madrasah mampu mengatasinya dengan mengedepankan nilai-nilai keadilan, tanggung jawab, dan keikhlasan. Temuan ini menunjukkan bahwa karakteristik kepemimpinan perempuan yang kolaboratif dan empatik sangat relevan dalam konteks pengembangan mutu pendidikan di madrasah.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMUSTAPA, ALInidn0805108503
Thesis advisorMARDIYAH, HAYATInidn0802096701
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan perempuan, Kepala Madrasah, Strategi, Mutu Pendidikan.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 602 Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Uswatun Uswatun
Date Deposited: 05 Aug 2025 01:56
Last Modified: 05 Aug 2025 01:56
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/11605

Actions (login required)

View Item View Item