ANALISA KINERJA RUAS JALAN AKIBAT ADANYA HAMBATAN SAMPING (Studi Kasus : Jalan Gajah Mada Kota Mataram)

KHAERUR, RAZIKIN (2020) ANALISA KINERJA RUAS JALAN AKIBAT ADANYA HAMBATAN SAMPING (Studi Kasus : Jalan Gajah Mada Kota Mataram). undergraduate thesis, ["eprint_fieldopt_institution_UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM" not defined].

[img] Text
Cover - bab 3 -.pdf

Download (628kB)
[img] Text
Bab 4 -.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5 - Lampiran -.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sistem pengelolaan tata guna lahan yang kurang maksimal cukup sering dijumpai di beberapa wilayah di Nusa Tenggara Barat khususnya Kota Mataram. Salah satu segmen jalan yang memiliki intensitas lalu lintas yang cukup padat adalah Jalan Gajah Mada (depan pasar pagesangan), hal ini terjadi karena banyaknya hambatan samping berupa kendaraan yang keluar masuk di sisi jalan dan kendaraan parkir di badan jalan. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan langsung di ruas timur dan barat Jalan Gajah Mada Kota Mataram. Data dianalisa mengacu pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia Tahun 1997. Adapun data yang dikumpulkan antara lain adalah data geometrik jalan, data arus lalu lintas, serta data jumlah hambatan samping yang terjadi. Berdasarkan hasil analisa yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa pengaruh hambatan samping di jalan gajah mada cukup besar karena dari hasil analisa hambatan samping pada jam puncak menunjukkan kelas hambatan samping tinggi pada kedua ruas jalan dengan nilai 620 di ruas timur dan 553 di ruas barat. Sedangkan untuk kinerja ruas jalan akibat adanya hambatan samping juga cukup tinggi, dimana tingkat pelayanan jalan berada pada tingkat pelayanan D di ruas timur dan pada tingkat pelayanan E di ruas timur, dengan nilai derajat kejenuhan 0.78 di ruas timur dan 0.98 di ruas barat. Dari hasil kesimpulan tersebut bisa dinyatakan bahwa salah satu faktor yang sangat berpengaruh dalam penentuan tingkat pelayanan jalan pada lokasi tinjauan adalah adanya aktivitas pasar dan SPBU pada sisi kiri dan kanan jalan, sehingga meningkatkan jumlah hambatan samping yang terjadi. Kata Kunci: Hambatan samping, tingkat pelayanan jalan,kinerja ruas jalan

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerISFANARI, ISFANARINIDN0830086701
ReviewerTITIK, WAHYUNINGSIHNIDN0819097401
Uncontrolled Keywords: Hambatan samping, tingkat pelayanan jalan,kinerja ruas jalan
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 625 Teknik Rel Kereta Api dan Jalan Raya
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Mariana Rahmawati
Date Deposited: 02 Sep 2020 06:01
Last Modified: 02 Sep 2020 06:01
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1091

Actions (login required)

View Item View Item