MELI, ANDINI (2024) IMPLEMENTASI METODE CARD SORT PADA MATA PELAJARAN PPKn DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA, STUDI KASUS DI KELAS VII A BOARDING SCHOOL MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH LOMBOK BARAT. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
MELI ANDINI (2020A1C009).pdf Download (752kB) |
|
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (similarity check)
Meli Andini 2.docx (2).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti, terdapat permasalahan pada saat proses pembelajaran PPKn di dalam kelas, yaitu guru menyampaikan materi pelajaran tanpa menggunakan media pembelajaran atau hanya menggunakan metode ceramah. Salah satu cara untuk membuat peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran adalah dengan menggunakan metode Card Sort. Metode ini membuat peserta didik lebih tertarik dan semangat untuk belajar dan menerima materi, tidak mudah bosan, dan memperoleh hasil belajar yang lebih baik. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil Penelitian: 1. Implementasi metode card sort dan hasilnya pada ranah kognitif mata pelajaran PPKn pada siswa kelas VII A SMP Boarding School Mu’allimin Muhammadiyah penerapannya dikelas yakni: a) Siswa diharapkan mengingat kembali materi sebelumnya, b) Siswa diminta agar benar-benar memahami materi dan petunjuk metode, c) Guru meminta siswa untuk mengerjakan kompetensi. Hasilnya yakni: 1. Memperkuat daya ingat siswa, 2. Meningkatkan kemampuan pemahaman materi, 3. Meningkatkan hasil belajar siswa. 2. Implementasi metode card sort dan hasilnya pada ranah afektif mata pelajaran PPKn pada siswa kelas VII A SMP Boarding School Mu’allimin Muhammadiyah penerapannya yakni: a) Siswa diharapkan memahami materi dan petunjuk metode, b) Siswa diminta menganalisis materi dalam kartu tersebut, c) Siswa akan diharapkan bekerja sendiri atau bersama siswa lain, d) Beberapa siswa memberikan penjelasan mengenai isi materi dalam kartu tersebut. Menghasilkan beberapa hal yaitu: 1. Kesiapan dalam menerima materi, 2. Kemauan untuk berfikir secara kritis, dan 3. Meningkatkan kemauan siswa untuk berkomunikasi. 3. Implementasi metode card sort dan hasilnya pada ranah psikomotorik mata pelajaran PPKn pada siswa kelas VII A SMP Boarding School Mu’allimin Muhammadiyah dapat meningkatkan semangat siswa yang sudah letih di kelas. Gerakan fisik ini dapat membuat pembelajaran menyenangkan dan membantu menghidupkan suasana kelas.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Metode Card Sort, Pembelajaran PPKn, Dan Hasil Belajar. | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Meli Andini | |||||||||
Date Deposited: | 09 Sep 2024 01:12 | |||||||||
Last Modified: | 09 Sep 2024 01:12 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/9431 |
Actions (login required)
View Item |