PERSEPSI GURU TENTANG PEMBELAJARAN LITERASI UNTUK MENINGKATKAN NILAI MORAL SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH BOLO KAB. BIMA

Nurfitriyani, Nurfitriyani (2019) PERSEPSI GURU TENTANG PEMBELAJARAN LITERASI UNTUK MENINGKATKAN NILAI MORAL SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH BOLO KAB. BIMA. undergraduate thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Mataram" not defined].

[img] Text
SKRIPSI_NURFITRIYANI_NIM 11413A0059_PRODI PPKn.pdf

Download (1MB)

Abstract

Problem kemerosotan moral akhir-akhir ini mempengaruhi sebagian generasi muda. Gejala kemerosotan moral antara lain diindikasikan dengan merebaknya kasus penyalahgunaan narkoba, pergaulan bebas, kriminalitas, kekerasan dan aneka perilaku kurang terpuji lainnya. Di lain pihak, tak sedikit dari generasi muda yang gagal menampilkan akhlak terpuji (akhlak mahmudah) sesuai harapan orang tua. Kesopanan dan sifat ramah, tenggang rasa, rendah hati, suka menolong, solidaritas sosial dan sebagainya yang merupakan jati diri bangsa berabad-abad seolah-olah kurang begitu melekat secara kuat dalam diri mereka. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode Analisis Data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus-menerus sampai tuntas, sehingga datanya lebih menekankan pada aspek pemahaman secara mendalam terhadap suatu masalah dengan tahapan-tahapan sebagai berikut: reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian persepsi guru di SMP Muhammadiyah Bolo Kab. Bima pelaksanaan pembelajaran Literasi Sekolah dapat disimpulkan bahwa guru memiliki kecenderungan persepsi cukup positif. Dimana hasil persepsi cukup positif karena memiliki faktor pribadi yang baik dan faktor objek yang halus. Namun faktor yang paling berpengaruh adalah faktor fungsional atau faktor pribadi, karena literasi sesuai dengan kepribadian guru untuk menumbuhkan dan meningkatkan karakter bangsa. Kata kunci: Persepsi, Literasi, Nilai Moral.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerWayan, ResminiUNSPECIFIED
ReviewerAbdul, SakbanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Repository Institusi UMMAT
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 606 Organisasi di Bidang Teknologi dan Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 18 Nov 2019 03:20
Last Modified: 03 Sep 2020 05:59
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/9

Actions (login required)

View Item View Item