EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI OPERASI PECAHAN BIASA KELAS IV SDN 15 MATARAM TAHUN AJARAN 2023/2024

IGA, MAWARNI (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI OPERASI PECAHAN BIASA KELAS IV SDN 15 MATARAM TAHUN AJARAN 2023/2024. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (738kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (similarity check)
Iga Mawarni.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Model pembelajaran problem based learning dirasa sangat sesuai untuk model pembelajaran yang dibutuhkan siswa disekolah dasar. Dengan bantuan media video animasi siswa menjadi lebih aktif dan paham serta dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa. Siswa dilibatkan untuk melihat dan mendengarkan secara langsung sehingga melalui pembelajaran matematika pada materi operasi pecahan biasa siswa dapat mendeskripsikan tentang bentuk operasi pecahan biasa dan mengetahui bagaimana cara menyelesaikan soal operasi pecahan biasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran problem based learning berbantuan media video animasi terhadap kemampuan berfikir kritis pada materi operasi pecahan biasa kelas IV SDN 15 Mataram tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Quasi Eksperimen Designe dengan jumlah sampel 40 siswa kelas IV di SDN 15 Mataram. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan tes, observasi dan dokumentasi dan teknik analisis data yaitu uji validitas, uji reabilitas, uji daya beda soal, uji tingkat kesukaran, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan pengujian hipotesis dilakukan dengan program SPSS 20.00 untuk Windows dengan teknik uji T-Test Independent Sample dengan taraf signifikansi 5%. Nilai t_hitung lebih besar daripada t_tabel (2.567 lebih besar daripada 2,021), dan nilai sig kurang dari 0,05 (0.014 kurang dari 0,05). Kemudian Ho menolak, dan Ha menerimanya. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan video animasi berhasil meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi operasi pecahan biasa kelas IV SDN 15 Mataram Tahun Ajaran 2023/2024, dinyatakan diterima.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorABDILLAH, ABDILLAHnidn0824048301
Thesis advisorNURSINA, SARInidn0825059102
Uncontrolled Keywords: Model PBL, Media video animasi, Kemampuan berfikir kritis.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Iga Mawarni
Date Deposited: 19 Mar 2024 06:51
Last Modified: 19 Mar 2024 06:51
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8789

Actions (login required)

View Item View Item