PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TTW (THINK, TALK, WRITE) PADA MATERI OPTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF FISIKA SISWA KELAS VIII SMPN 2 MADAPANGGA TAHUN AJARAN 2021/2022

NUNING, NUNING (2023) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TTW (THINK, TALK, WRITE) PADA MATERI OPTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF FISIKA SISWA KELAS VIII SMPN 2 MADAPANGGA TAHUN AJARAN 2021/2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text (similarity check)
NUNING.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (942kB) | Request a copy

Abstract

Dalam kurikulum 2013 untuk sekolah menengah pertama (SMP), pembelajaran sains telah dirancang menjadi ilmu terpadu dengan tujuan mencapai Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD). Evaluasi keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran ini dilakukan melalui kelulusan dan pencapaian nilai di atas nilai ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan oleh sekolah. Dalam kurikulum 2013 untuk sekolah menengah pertama (SMP), pembelajaran sains telah dirancang menjadi ilmu terpadu dengan tujuan mencapai Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD). Evaluasi keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran ini dilakukan melalui kelulusan dan pencapaian nilai di atas nilai ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan oleh sekolah. Analisis data dokumentasi SMP Negeri 2 Madapangga pada bulan Maret 2021 menunjukkan bahwa penguasaan materi ujian nasional (UN) pada tahun ajaran 2012 hingga 2014 menunjukkan tingkat yang sangat rendah (di bawah 35 poin) untuk indikator yang berkaitan dengan menentukan sifat cahaya, besaran-besaran pada cermin/lensa, dan penerapan alat optik dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif eksploratif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Populasi penelitian adalah seluruh kelas VIII, sedangkan sampel penelitian diambil dua kelas yang terdiri dari 36 siswa dengan teknik Cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data, disimpulkan bahwa diperoleh rata-rata nilai postest kelas eksperimen sebesar 77,4 dan kelas kontrol sebesar 68,3. Rata-rata N-gain kelas eksperimen adalah 0,59, sedangkan kelas kontrol adalah 0,38. Hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai t.hitung (4,53) lebih besar dari nilai t.tabel (1,658) pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan 61. Oleh karena itu, hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan strategi pembelajaran Think Talk Write berbasis kontekstual terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMPN 2 Madapangga Tahun ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKHAIRIL, ANWARnidn0506108402
Thesis advisorLINDA, SEKAR UTAMInidn0817088304
Uncontrolled Keywords: Think Talk Write, Pengaruh Strategi, Optik, Kemampuan Kognitif.
Subjects: 500 Ilmu-Ilmu Murni > 530 Fisika
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Nuning Nuning
Date Deposited: 04 Aug 2023 03:29
Last Modified: 04 Aug 2023 03:29
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/7724

Actions (login required)

View Item View Item