YAYI, ANGGRAINI SAFITRI (2023) STUDI PERANCANGAN JEMBATAN SAMOTA SUMBAWA BESAR MENGGUNAKAN BETON PRATEGANG TIPE U-GIRDER. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER-BAB III.pdf Download (5MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (Similarity Check)
SIMILARY_YAYI ANGGRAINI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Jembatan Samota adalah jembatan yang melintasi sungai Brang Biji, Labuan Sumbawa, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Jembatan ini merupakan sarana penghubung Jalan Garuda dan Tanjung Menangis. Jembatan yang ada saat ini memiliki bentang 80 meter. Dalam perencanaan ini jembatan samota direncanakan dengan bentang 40 m, dengan tipe konstruksi PC U Girder dan sistem prategang yang digunakan adalah sistem posttension. Perencanaan jembatan ini dimulai dengan penjelasan latar belakang, pemilihan jenis kontruksi yang digunakan, serta pengumpulan data-data seperti panjang dan lebar jembatan, lebar jalan dan trotoar, serta dimensi lainnya. Dari data-data perencanaan kemudian dilakukan perencanaan awal dimana analisa pembebanan menggunakan SNI 1725:2016. Dari data-data perencaan kemudian dilakukan primary desain menggunakan produk WASKITA precast. Pada tahapan awal dilakukan analisa beban yang terjadi pada penampang seperti, analisa berat sendiri, analisa beban mati tambahan, analisa beban lalu lintas, gaya rem, beban gempa, beban angin, pengaruh temperatur, pengaruh susut rangkak, dan analisa kehilangan prategang yang terjadi pada penampang. Selajutnya dilakukan kontrol tegangan, lendutan dan momen kemudian perhitungan penulangan dan angkur. Hasil analisa didapatkan PC U Girder yang digunakan memiliki tinggi 1,85 m dengan 10 tendon 5 di kiri dan 5 di kanan yang terdiri dari 15 strands pada setiap tendon. Diameter strands 15,24 mm dan diameter duct 85 mm. Beban yang diterima oleh PC U Girder adalah 894026,6614 kg/m beban mati sendiri (MS); 65553,044 kg/m beban mati tambahan (MA); 452200 kg/m lajur “D” (TD) ;7138,125 kg/m untuk beban akibat gaya rem (TB); 30034,286 kg/m untuk beban angin (EW); 252037,662 kg/m untuk beban gempa (EQ). Total kehilangan prategang gesekan angkur, gesekan pada kabel, rangkak, susut, relaksasi dan perpendekan elastis beton dalam bentuk gaya adalah 8682,290 kN dengan presentase 27,721%.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | beton prategang PC U, jembatan samota, posttension | |||||||||
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil | |||||||||
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Yayi Anggraini Safitri | |||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2023 01:37 | |||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2023 01:37 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/7235 |
Actions (login required)
View Item |