ANALISIS KONSEP KECERDASAN PERSPEKTIF HOWARD GARDNER DAN PENERAPANNYA DALAM MATA PEMBELAJARAN PAI KELAS IV SD AISYIYAH 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2018/2019

Reni, Sepriati (2019) ANALISIS KONSEP KECERDASAN PERSPEKTIF HOWARD GARDNER DAN PENERAPANNYA DALAM MATA PEMBELAJARAN PAI KELAS IV SD AISYIYAH 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2018/2019. undergraduate thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Mataram" not defined].

[img] Text
COVER-BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Setelah bertahun-tahun terjebak dalam paradigma yang menganggap manusia hanya memiliki satu kecerdasan (logika-matematika) yang bisa diukur dengan alat yang disebut tes IQ, seorang psikolog Harvard, Howard Gardner mempersoalkan betapa sempitnya pengertian kecerdasan yang diyakini oleh hampir seluruh masyarakat tersebut, padahal kecerdasan memiliki makna yang luas seiring dengan kemampuan seseorang untuk memecahkan masalah dan kemampuan menciptakan produk di lingkungan yang kondusif dan alamiah.Menurut Gardner, setidaknya ada sembilan kecerdasan yang dimiliki kecerdasan manusia.Sembilan kecerdasan manusia yang dipetakan oleh Gardner tersebut adalah kecerdasan linguistik, kecerdasan matematis-logis, kecerdasan spasial, kecerdasan kinestesis, kecerdasan musikal, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan interpersonal, kecerdasan naturalis, dan kecerdasan eksistensial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara guru menerapkan teori multiple intelligence dalam pembelajaran PAI dan bagaimana dampak penerapan teori multiple Intelligences dalam pembelajaran PAI kelas IV SD Aisyiyah 1 Mataram. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif. Oleh karena itu peneliti akan mendeskripsikan segalah bentuk temuan data yang diperoleh dilapangan penelitian. Adapun data yang didapatkan merupakan data deskriftif yang berupa informasi atau keterangan-keterangan yang terkait dengan judul yang sedang diangkat dan bukan dalam bentuk angka. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data yang bersifat induktif, dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun Hasil penelitian yang peneliti lakukan yaitu guru sudah maksimal dalam menerapkan konsep kecerdasan perspektif Howard Gardner (Multiple Intelligences) dengan memfasilitasi siswa untuk belajar melalui kesembilan jenis kecerdasan. Meskipun dalam pembelajaran kesembilan jenis kecerdasan itu tidak dilakukan guru dalam satu waktu, dan dampak dari penerapan teori tersebut sangat banyak, diantaranya adalah meningkatkan motivasi belajar siswa, siswa menjadi lebih aktif dan kreatif, siswa lebih percaya diri, dan siswa juga memiliki sikap sosial yang tinggi kepada teman sebaya dan lingkungannya. Kata kunci : Konsep kecerdasan perspektif Howard Gardner-pembelajaran PAI

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerAqodiah, Aqodiah[email protected]
ReviewerMustapa, AliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Repository Institusi UMMAT
Subjects: 900 Sejarah dan Geografi > 901 Filsafat dan Teori Sejarah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah
Depositing User: Wahyuni Wahyuni
Date Deposited: 27 Nov 2019 01:39
Last Modified: 27 Nov 2019 01:39
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/71

Actions (login required)

View Item View Item