PERENCANAAN ULANG JEMBATAN DEDALPAK KABUPATEN LOMBOK TIMUR MENGGUNAKAN BETON PRATEGANG TIPE U-GIRDER

IRWANTO, IRWANTO (2023) PERENCANAAN ULANG JEMBATAN DEDALPAK KABUPATEN LOMBOK TIMUR MENGGUNAKAN BETON PRATEGANG TIPE U-GIRDER. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
01 COVER-BAB III.pdf

Download (5MB)
[img] Text
02 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
03 BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (similarity check)
SKRIPSI LENGKAP IRWANTO.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Jembatan Dedalpak adalah jembatan yang terletak di pedesaan yakni, Dusun Dedalpak Desa Pogading timur Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur NTB. Jembatan ini menghubungkan antara dua dusun yaitu, Dusun Dedalpak dan Dusun Bagek atas, jembatan ini memeliki panjang bentang 20,6 m dengan menggunakan beton prategang tipe I girder. Pada tugas akhir ini jembatan Dedalpak direncanakan menggunakan beton prategang tipe U girder dan sistem yang digunakan adalah posttensiont. Perencanaan ini dimulai dengan pengumpulan data-data yang diperlukan seperti panjang jembatan dan lebar jembatan, lebar jalan dan trotoar, data tanah dan dimensi lainya. Dari data-data perencanaan kemudian dilakukan perencanaan awal penampang dan perhitungan pembebanan. Adapun pemnampang yang didesain yaitu standar Precast concrete U Girder berdasarkan bridge product by PT. Wika Beton. Pada tahap awal perencanaan dilakukan analisa pembebanan yang terjadi pada penampang seperti, analisa berat sendiri, beban mati, beban mati tambahan, beban lalu lintas, beban lajur, gaya rem, beban gempa, beban angin, pengaruh temperatur, susut dan rangkak dan analisa kehilangan tegangan yang terjadi pada penampang U girder. Selajutnya dilakukan kontrol tegangan, lendutan dan momen, kemudian dilakukan perhitungan penulangan pada U girder dan balok ujung. Setelah perhitungan struktur bangunan atas yang terjadi selanjutnya dilakuan perhitungan bangunan bawah jembatan yang terdiri dari abutment dan pondasi pada jembatan. Hasil dari perencanaan jembatan Dedalpak dengan bentang 21 m didapatkan tinggi PC-U girder adalah 1,2 m yang terdiri dari 6 tendon 3 di kiri dan 3 di kanan yang berisi 12 strands pada setiap tendon. Diameter strand 15,7 mm dan diameter duct 75 mm. Dimensi untuk bangunan bawah digunakan abutment dengan tinggi 6,6 m dan lebar pile cap 4 m dan panjang pile cap 9 m dan untuk pondasi jembatan menggunakan pondasi sumuran dengan kedalaman 4 m dan diameter 3,5 m.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHARIYADI, HARIYADInidn0027107301
Thesis advisorMAYA, SARIDEWI PASCANAWATYnidn0820098001
Uncontrolled Keywords: Beton Prategang PC U, Posttension, Jembatan Dedalpak.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Irwanto Irwanto
Date Deposited: 20 Feb 2023 03:10
Last Modified: 20 Feb 2023 03:10
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/6755

Actions (login required)

View Item View Item