ENGARUH PROPORSI SEPEDA MOTOR TERHADAP KINERJA RUAS JALAN DENGAN MEDIAN (STUDI KASUS DI JALAN MAJAPAHIT KOTA MATARAM)

AHMAD, FATHUL ULYA ILMI (2023) ENGARUH PROPORSI SEPEDA MOTOR TERHADAP KINERJA RUAS JALAN DENGAN MEDIAN (STUDI KASUS DI JALAN MAJAPAHIT KOTA MATARAM). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
01 COVER-BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
02 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (756kB) | Request a copy
[img] Text
03 BAB V -LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text (similarity check)
AHMAD FATHUL ULYA ILMI (5).docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Moda transportasi publik saat ini belum dapat memberikan layanan seperti yang diharapkan sehingga sebagian masyarakat lebih memilih kendaraan pribadi seperti sepeda motor sebagai moda transportasi. Sepeda motor dikenal memiliki fleksibilitas dalam bermanuver dan lebih ekonomis menjadi alasan pemilihan moda tersebut. Tingkat pertumbuhan sepeda motor yang sangat tinggi dipercaya mempengaruhi kinerja lalu lintas. Dominasi sepeda motor dalam arus lalu lintas di jalan-jalan memerlukan perhatian khusus dikarenakan berbagai parameter lalu lintas saat ini belum mempertimbangkan pengaruh perubahan proporsi sepeda motor. Ada beberapa cara yang dipakai para ahli lalu lintas untuk mendefinisikan arus lalu lintas, tetapi ukuran besar yang sering digunakan adalah konsentrasi aliran dan kecepatan. Aliran dan volume sering dianggap sama, meskipun istilah aliran lebih tepat untuk menyatakan arus lalu lintas dan mengandung pengertian jumlah kendaraan yang terdapat dalam ruang yang diukur dalam satu interval waktu tertentu. Konsentrasi dianggap sebagai jumlah kendaraan pada suatu panjang jalan tertentu, tetapi konsentrasi ini kadang-kadang menunjukkan kerapatan (kepadatan). Dari hasil evaluasi di dapatkan volume terbesar lalu lintas terjadi pada hari Minggu, 8 Januari 2023 ke arah Ampenan didapatkan 1073.9 smp/jam dan untuk yang ke arah Cakra di dapatkan volume 949.7 smp/jam. Proporsi sepeda motor terbesar pada ruas Jalan Majapahit adalah 88.53% dengan nilai Derajat Kejenuhan (DS) sebesar 0.26, jika dilihat dari nilai DS tertinggi yaitu 0.37 memiliki proporsi sepeda motor sebesar 76.56%. Proporsi sepeda motor pada ruas Jalan Majapahit memberikan pengaruh pada kecepatan rata-rata lalu lintas. Dari hasil analisa di peroleh rata- rata proporsi sepeda motor terbesar 80.83% dengan kecepatan rata-rata 42.25 km/jam, dibandingkan dengan rata-rata proporsi terkecil 75.59% dengan rata-rata kecepatan 50.56 km/jam. Jadi kesimpulannya adalah proporsi sepeda motor tidak begitu berpengaruh terhadap kinerja ruas jalan, proporsi sepeda motor sangat berpengaruh pada kecepatan kendaraan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorTITIK, WAHYUNINGSIHnidn0819097401
Thesis advisorARI, RAMADHAN HIDAYATnidn0823029401
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Ahmad Fathul Ulya Ilmi
Date Deposited: 17 Feb 2023 07:18
Last Modified: 17 Feb 2023 07:18
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/6725

Actions (login required)

View Item View Item