ANALISIS PEMBEBANAN RUAS JALAN BUNDARAN - DASAN CERMEN - GERUNG MENGGUNAKAN METODE ALL OR NOTHING

NILA, WIDIA CANDRA DEWI (2023) ANALISIS PEMBEBANAN RUAS JALAN BUNDARAN - DASAN CERMEN - GERUNG MENGGUNAKAN METODE ALL OR NOTHING. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
01 COVER-BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
02 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (700kB) | Request a copy
[img] Text
03 BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (15MB)
[img] Text (similarity check)
SKRIPSI NILA WIDIA CANDRA DEWI.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu permasalahan transportasi yang perlu ditangani adalah masalah kemacetan pada ruas - ruas jalan utama di kota Mataram. Terjadinya kemacetan diakibatkan oleh bertambahnya kepemilikan kendaraan, terbatasnya sumberdaya dan belum optimalnya pengoperasian fasilitas yang ada seperti tempat parkir pada badan jalan yang tersebar dibeberapa lokasi berakibat buruk terhadap kondisi lalu lintas, sehingga berpengaruh terhadap kinerja ruas jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembebanan ruas jalan menggunakan metode all or nothing dengan menggunakan data pergerakan kendaraan pada ruas rute Bundaran Jalan lingkar - Simpang Dasan Cermen - Jalan Tgh Lopan - Jalan Gerung Patung Sapi - jalan Bypass, yang dimana nantinya akan didapatkan rute optimal yang diharapkan memenuhi tujuan dan kepentingan pihak terkait. Penelitian ini menggunakan beberapa cara atau metode yaitu, melakukan survey pendahuluan, kemudian mengumpulkan data menggunakan metode Literatur dan metode Survey dan Observasi. Kemudian melakukan survey lalu lintas pada rute yang telah ditentukan. Analisa data menggunakan metode analisis dekriptif, analisis kondisi distribusi rute, dan analisis metode All or nothing. Hasil penelitian menunjukan bahwa Dari hasil skema jaringan jalan dengan menggunakan Matriks Asal Tujuan (MAT) dapat diketahui jumlah pembebanan dengan AB = 376, AC = 393, AD = 326, AE = 748, BA = 372, BC = 392, BD = 355, BE = 681, CA = 376, CB = 401, CD = 317, CE = 721, DA = 317, DB = 376, DC = 317, DE = 345, EA = 717, EB = 746, EC = 401, ED = 326. Maka diketahui bahwa pembebanan menggunakan metode All-or-nothing dengan pembebanan 50% mempunyai waktu tempuh lebih cepat dibandingkan dengan pembebanan 30%, 20% di karnakan semakin besar pembebanan jalan yang di bebankan maka semakin besar pula beban yang akan di terima oleh ruas jalan tersebut. Dengan demikian, terdapat dua jalur alternatif tercepat yang bisa dilalui oleh suatu kendaraan dari jalan Bundaran Jalan Lingkar menuju ke Jalan Bypass yaitu, apabila zona asalnya berada di Ampenan maka rute yang di lewati adalah Jalan Pada Bundaran Jalan Lingkar - Jalan Gerung Patung Sapi. Kemudian apabila zona asalnya berada di Cakranegara maka rute yang di lewati adalah Pada simpang Dasan Cermen – Jalan Gerung Patung Sapi – Bypass.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorTITIK, WAHYUNINGSIHnidn0819097401
Thesis advisorANWAR, EFENDYnidn0811079502
Uncontrolled Keywords: Rute Perjalanan, Matriks, All Or Nothing
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Nila Widia Candra Dewi
Date Deposited: 10 Feb 2023 07:27
Last Modified: 10 Feb 2023 07:27
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/6576

Actions (login required)

View Item View Item