PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PAPAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 1 MIDANG TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

FATIMAH, FATIMAH (2023) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PAPAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 1 MIDANG TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text (similarity check)
Skirpsi Fatimah 1-5.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana pengembangan alat peraga papan penjumlahan dan pengurangan pecahan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI SDN 1 Midang Tahun pembelajaran 2022/2023 dan untuk mengetahui Bagaimana kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan alat peraga papan penjumlahan dan pengurangan pecahan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 1 Midang Tahun pembelajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah Borg and Gall (penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draft produk, uji coba lapangan awal, merevisi hasil uji coba, uji coba lapangan utama, penyempurnaan hasil uji coba lapangan, uji coba pelaksanaan lapangan operasional/Empiris, penyempurnaan produk ahkir, diseminasi dan implementasi. Hasil kevalidan, dari ahli media persentase 86,5%, ahli materi persentasenya 84% dikategorikan sangat valid. Uji kepraktisan dari hasil angket respon siswa pada uji coba terbatas kelas IV A persentase 90%. Pada uji coba lapangan kelas IV B persentase 91% kriteria sangat praktis. Hasil tes pada uji lapangan rata-rata nilai prettest sebesar 44,5% dan posttest sebesar 87% kategori efektif. Hasil selisih prettest dan posttest dari perhitungan rumus N-Gain nilai 75,45% sehingga peningkatan hasil belajar siswa berada diposisi tinggi.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorABDILLAH, ABDILLAHnidn0824048301
Thesis advisorSINTAYANA, MUHARDINInidn0810018901
Uncontrolled Keywords: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana pengembangan alat peraga papan penjumlahan dan pengurangan pecahan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI SDN 1 Midang Tahun pembelajaran 2022/2023 dan untuk mengetahui Bagaimana kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan alat peraga papan penjumlahan dan pengurangan pecahan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 1 Midang Tahun pembelajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah Borg and Gall (penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draft produk, uji coba lapangan awal, merevisi hasil uji coba, uji coba lapangan utama, penyempurnaan hasil uji coba lapangan, uji coba pelaksanaan lapangan operasional/Empiris, penyempurnaan produk ahkir, diseminasi dan implementasi. Hasil kevalidan, dari ahli media persentase 86,5%, ahli materi persentasenya 84% dikategorikan sangat valid. Uji kepraktisan dari hasil angket respon siswa pada uji coba terbatas kelas IV A persentase 90%. Pada uji coba lapangan kelas IV B persentase 91% kriteria sangat praktis. Hasil tes pada uji lapangan rata-rata nilai prettest sebesar 44,5% dan posttest sebesar 87% kategori efektif. Hasil selisih prettest dan posttest dari perhitungan rumus N-Gain nilai 75,45% sehingga peningkatan hasil belajar siswa berada diposisi tinggi.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Fatimah Fatimah
Date Deposited: 02 Feb 2023 03:26
Last Modified: 02 Feb 2023 03:26
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/6520

Actions (login required)

View Item View Item