KAJIAN PENERAPAN REKAYASA LALU LINTAS DENGAN PENANGANAN SISTEM SATU ARAH PADA SIMPANG TIGA JALAN DAKOTA PHD (STUDI KASUS: SIMPANG TIGA JALAN DAKOTA – JALAN DR.WAHIDIN REMBIGA KOTA MATARAM)

SUNDARI, LIA (2021) KAJIAN PENERAPAN REKAYASA LALU LINTAS DENGAN PENANGANAN SISTEM SATU ARAH PADA SIMPANG TIGA JALAN DAKOTA PHD (STUDI KASUS: SIMPANG TIGA JALAN DAKOTA – JALAN DR.WAHIDIN REMBIGA KOTA MATARAM). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - BAB III.pdf

Download (16MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (19MB)
[img] Text
48% KAJIAN_PENERAPAN_REKAYASA_LALU_LINTAS_DENGAN_PENAN (1).pdf

Download (10MB)

Abstract

Kemacetan lalu lintas merupakan salah satu faktor utama yang sering terjadi diberbagai daerah Indonesia, salah satunya terjadi di Kota Mataram khususnya pada simpang tiga Dakota PHD yang merupakan simpang tiga tak bersinyal Jalan Dakota - Jalan Dr. Wahidin, Kelurahan Rembiga, Kecamatan Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Tingginya angka jumlah penduduk menyebabkan pemilik kendaraan bermotor baik yang beroda dua maupun yang beroda empat juga semakin meningkat. Oleh karena itu maka perlu dilakukannya Rekayasa Lalu Lintas pada simpang tiga Dakota PHD untuk meminimalkan terjadinya kemacetan serta konflik yang terjadi pada persimpangan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi eksisting pada simpang dan untuk mengetahui kinerja simpang jika dilakukannya penerapan rekayasa lalu lintas dengan sistem satu arah (SSA) pada simpang tiga tak bersinyal Dakota PHD. Pengumpulan data diperoleh melalui survei lapangan dan pengolahan datanya menggunakan MKJI (Manual Kapasitas Jalan Indonesia) 1997. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan pada simpang tiga Dakota PHD setelah diterapkannya rekayasa lalu lintas dengan sistem satu arah, maka didapatkan nilai derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,629 (DS<0,75). Dan menunjukkan bahwa pada simpang tiga tak bersinyal Dakota PHD mengalami arus yang stabil dengan kecepatan pengendara dikontrol oleh kondisi lalu lintas, derajat kejenuhan tidak melebihi sasaran sehingga tingkat pelayanan pada simpang tersebut menjadi C.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWAHYUNINGSIH, TITIKUNSPECIFIED
Thesis advisorEFENDY, ANWARUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Simpang Tak Bersinyal, Sistem Satu Arah, Derajat Kejenuhan, Kemacetan.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: LIA SUNDARI
Date Deposited: 29 Sep 2021 06:13
Last Modified: 29 Sep 2021 06:13
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/3755

Actions (login required)

View Item View Item