pengembangan media busy book pembelajaran tematik tema 5 untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 SDN 2 Selat

SITI, AMANAH (2021) pengembangan media busy book pembelajaran tematik tema 5 untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 SDN 2 Selat. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text (COVER-BAB III)
cover-bab-3.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB-4-.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V-LAMPIRAN)
bab-5-lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text (SIMILARITY CHECK)
47% PENGEMBANGAN__MEDIA_BUSY_BOOK_PEMBELAJARAN_TEMATIK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan media pembelajaran merupakan sarana yang mempuunyai fungsi untuk memahamkan siswa dalam pembelajaran, khususnya pada siswa kelas 3 SDN 2 Selat. Penelitian ini bertujuan 1). Mengetahui tahapan media busy book untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 SDN 2 Selat pada tema 5 subtema 1 pembelajaran ke 1 2). Mengetahui kualitas media busy book valid, paraktis, dan efktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 SDN 2 Selat tema 5 subtema 1 pembelajaran ke 1 keadaan cuaca. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah pengembangan media dengan menggunakan penelitian Research and Development. Model pengembangan yang dilakukan ialaha model ADDIE yang memiliki 5 tahapan penyususnan yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah teknik Tes (soal) dan Non Tes (Angket, wawancawa, dan dokumentasi). Uji coba terbatas dilakukan oleh 8 siswa kelas 3 B dan Uji lapangan dilakukan oleh semua siswa kelas 3 A di SDN 2 Selat lombok barat. Hasil penelitian ini ialah media pembelajaran Busy Book yang telah dikatakan layak oleh validator I media sebesar 88%, oleh validator II materi sebesar 95% .Yang didapatkan dari jumlah skor seluruh validator dengan hasil 93,5% dalam kategori sangat valid. Hasil keppraktisan media busy book yang diperoleh dari kelas 3 B sebagai uji terbatas kepraktisan dengan presentase 81% dalam kategori praktis. Sedangkan kefektifan hasil belajar pada media busy book pada uji coba lapangan dengan nilai rata-rata 82% dalam kategori efektif. 2222

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNANANG, RAHMANnidn0824038701
Thesis advisorYUNI, MARIYATInidn0806068802
Uncontrolled Keywords: media busy book, hasil belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: SITI AMANAH
Date Deposited: 08 Sep 2021 03:18
Last Modified: 08 Sep 2021 03:18
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/2939

Actions (login required)

View Item View Item