PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA SEDOTAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SDN 2 JEMBATAN KEMBAR PADA PEMBELAJARAN TEMA 1 SUBTEMA 3

TITIN, YASTUTI (2021) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA SEDOTAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SDN 2 JEMBATAN KEMBAR PADA PEMBELAJARAN TEMA 1 SUBTEMA 3. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan alat peraga sedotan dalam pembelajaran di kelas akan mempermudah siswa dalam memahami operasi hitung bilangan, misalnya pada penjumlahan dan pengurangan. Tujuan pengembangan ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga sedotan terhadap hasil belajar siswa kelas 2 pada pembelajaran tema 1 subtema 3 siswa kelas II SD 2 Jembatan Kembar. Jenis penelitian ini adalah quasi experimentdesign. Metode pengumpulan data dalam peneltian ini yaitu tes, dokumentasi, dan lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dalam penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa, “Ada pengaruh penggunaan alat peraga sedotan terhadap hasil belajar siswa kelas 2 pada pembelajaran tema 1 subtema 3 siswa kelas II SD 2 Jembatan Kembar”.Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yang dilakukan peneliti berdasarkan dar hasil perbandingan thitung dengan ttabel yaitu 2,340> 1,692dengan taraf signifikan 5%, yang menyebabkan H_0 ditolak.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerINTAN DWI, HASTUTInidn0823078802
ReviewerYUNI, MARIYATInidn0806068802
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga Sedotan, Hasil Belajar, dan Pembelajaran Tema 1 Subtema 3.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: TITIN YASTUTI
Date Deposited: 22 Mar 2021 07:24
Last Modified: 22 Mar 2021 07:24
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/2293

Actions (login required)

View Item View Item