PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERINTEGRASI PEER INSTRUCTION TERHADAP PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA SMPN 3 NARMADA TAHUN 2020/2021

JURIATIN, JURIATIN (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERINTEGRASI PEER INSTRUCTION TERHADAP PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA SMPN 3 NARMADA TAHUN 2020/2021. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER_I II III.JURIATIN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
UPLOAD BAB IV_JURIATIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text
UPLOAD V-LAMPIRAN_JURIATIN..pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengatahui pengaruh pembelajaran problem solving terintegrasi peer instruction terhadap penguasaan konsep ipa siswa kelas VIII SMPN 3 Narmada pada materi gaya dan gerak tahun pelajaran 2020-2021. Penelitian ini merupakan penelitian jenis quasi experiment dengan metode control grub design subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 Narmada. Sampel dalam penelitian ini di ambil secara purposive sampling dengan kelas VIII-A sebagai kelas experiment yang berjumlah 14 orang dan kelas VIII-B sebagai kelas control yang berjumlah 14 orang. Instrument yang digunakan berupa tes yang telah di uji kelayakannya. Adapun rancangan penelitian yang digunakan adalah pretest posttest pada kelas A dan kelas B dimana pada rancangan ini sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok pertama sebagai kelas eksperimen dan kelompok kelas control. Pengujian normalitas dengan Chi-Kuadrat memiliki kriteria pengujian, jika χ² hitung < χ²tabel dengan nilai kelas eksperimen 22.133 < 18.447 dan kelas control dengan nilai 16.800 < 6.153 pada taraf signifikan 5 % maka distribusi data nilai hasil belajar (post test) dinyatakan berdistribusi secara normal sedangkan jika χ² hitung < χ²tabel maka dinyatakan tidak terdistribusi secara normal. Uji homogenitas dilakukan untuk mengetahui apakah kedua data yang digunakan dalam penelitian ini homogen atau tidak homogen.Pengujian homogenitas menggunakan uji-F.Dengan ketentuan jika thitung> ttabel yaitu 0.694< 0.3961 maka hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak dan jika thitung< ttabel maka hipotesis nol (Ho) diterima dan Ha ditolak. Kata kunci: problem solving, peer instruction, dan penguasaan konsep.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerLINDA, SEKAR UTAMINIDN0817088304
ReviewerM, ISNAININIDN0801048503
Uncontrolled Keywords: problem solving, peer instruction, dan penguasaan konsep.
Subjects: 500 Ilmu-Ilmu Murni > 530 Fisika
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Wahyuni Wahyuni
Date Deposited: 22 Sep 2020 06:00
Last Modified: 22 Sep 2020 06:00
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1379

Actions (login required)

View Item View Item