PERAN MEDIA MASSA DALAM PENDIDIKAN POLITIK MELALUI SOSIALISASI POLITIK (Studi Kasus PemberitaanSurat Kabar Suara NTB pada Pemilihan Gubernur Nusa Tenggara Barat 2018)

MUHAMMAD, FAUZI (2020) PERAN MEDIA MASSA DALAM PENDIDIKAN POLITIK MELALUI SOSIALISASI POLITIK (Studi Kasus PemberitaanSurat Kabar Suara NTB pada Pemilihan Gubernur Nusa Tenggara Barat 2018). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
cover-123.pdf

Download (3MB)
[img] Text
bab 5- lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
bab 5- lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Media massa menduduki posisi yang sangat setrategis dalam memberi akses informasi pada pemilihan Gubernur NTB tahun 2018. Berita yang dikemas sangat menarik perhatian masyarakat sehingga surat kabar Suara NTB dapat menjadi agen sosialisasi yang berperan dalam memberikan informasi politik terkait pemilihan. Penelitian ini menggambarkan bagaimana peran surat kabar Suara NTB dalam sosialisasi politik pada pemilihan Gubernur NTB tahun 2018 Metode pelitian adalah kualitatif melalui pendekatan diskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sumber data terdiri dari data primer dan sekunder dengan teknik analisis melalui reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, peran Suara NTB dalam sosialisasi politik pada Pemilihan Gubernur NTB 2018 yaitu (1) penyedia informasi politik yang berupa pemberitaan seputar pemilihan, dengan sasaran pemberitaan berupa Politikus, pegusaha dan instansi pendidikan dan persebaran keseluruh Kabupaten/Kota di NTB (2) meningkatkan Pengatahuan politik pembaca surat kabar Suara NTB. dan kedua Faktor yang mempengaruhi sosialisasi politik (1) suara NTB sebagai Agen sosialisasi politik yang memberikan informasi politik dengan menggunkan dua cara yaitu surat kabar dengan E-Paper(2) Mekanisme penerapan sosilalisasi politik sebagai faktor pendukung dan penghambat sosialisasi politik berupa penerapan Imatasi sebagai pembentuk opini pembaca dan pemberian Motivasi ke pembaca berupa iklan layanan mayarakat dari KPU dan narasi keberhasilan dalam Pemilihan untuk menjaga partisipasi pembaca dalam pemilihan selanjutnya.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorDARMANSYAH, DARMANSYAHnidn0008075914
Thesis advisorYUDHI, LESTANATAnidn0827118801
Uncontrolled Keywords: Media Massa, Sosialisasi Politik, Surat Kabar, Pemilihan Gubernur.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 320 Ilmu Politik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Mariana Rahmawati
Date Deposited: 08 Sep 2020 05:37
Last Modified: 24 Jun 2021 06:16
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1152

Actions (login required)

View Item View Item