STRATEGI PERKEMBANGAN UMKM SEKTOR KERAJINAN TANGAN PASCA PANDEMI DI KOTA MATARAM

JUNAIDI, MUZAMMIL (2024) STRATEGI PERKEMBANGAN UMKM SEKTOR KERAJINAN TANGAN PASCA PANDEMI DI KOTA MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
MUZAMMIL JUNAIDI (2019B1C060).pdf

Download (854kB)
[img] Text
MUZAMMIL JUNAIDI 5.rtf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Untuk memastikan usaha UMKM mampu bertahan dan tetap hidup setelah pandemi COVID-19, peneliti menemukan bahwa beberapa pelaku UMKM menggunakan strategi bauran pemasaran atau marketing mix yang mencakup produk, harga, lokasi, dan promosi. Hal ini dilakukan untuk menekan penurunan jumlah permintaan akan produk UMKM Yang mereka tawarkan sebagai dampak COVID-19 yang berkepanjangan. Strategi bauran pemasaran ini mencakup penentuan harga Yang disesuaikan dengan Daya beli Dan bahan Baku namun tetap mempertahankan kulitas produk Yang dihasilkan, memaksimalkan lokasi usaha, Dan pemanfaatan media sosial untuk Sarana promosi Yang lebih Luas jangkauannya. Berdasarkan informasi di atas, peneliti menyelidiki "Strategi Perkembangan UMKM Sektor Kerajinan Tangan Pasca Pandemi di Kota Mataram (Studi Kasus pada Cattus Gifts & Flowers)" dan dapat ditarik kesimpulan bahwa CATTUS Gifts & Flowers mampu bertahan dan tetap eksis memperkenalkan produk-produk mereka ditengah sulitnya perekonomian akibat dampak COVID-19, dengan mengaplikasikan strategi bauran pemasaran dalam usaha mereka. Dengan demikian, dari diskusi atau penelitian tersebut diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa strategi bauran pemasaran yang digunakan berpengaruh besar dalam membantu pelaku UMKM untuk tetap dapat bertahan ditengah dampak pandemi COVID-19. Namun tentunya untuk lebih memudahkan langkah para pelaku UMKM ini, peneliti berpendapat bahwa pemerintah harus mendukung pelaku UMKM secara keseluruhan dan mendorong mereka untuk terus berkembang. Pemerintah harus memberikan pelatihan khusus untuk mendukung pemasaran online atau digital dikarenakan tidak semua pelaku UMKM memahami strategi bauran pemasaran teknologi Yang selalu berkembang. Pelatihan ini harus diberikan secara bertahap untuk memastikan bahwa usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) memiliki kemampuan untuk mengikuti kemajuan teknologi yang selalu berkembang

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAbdurrahman, Abdurrahmannidn0804116101
Thesis advisorAyatullah, Hadinidn0816057902
Uncontrolled Keywords: COVID-19, Strategi, Pemasaran
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Bisnis > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Muzammil Junaidi
Date Deposited: 27 Sep 2024 08:48
Last Modified: 27 Sep 2024 08:48
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10438

Actions (login required)

View Item View Item