REDESAIN STRUKTUR JEMBATAN KOKOH PENGGOLONG KABUPATEN LOMBOK UTARA DENGAN MENGGUNAKAN TIPE KOMPOSIT BAJA-BETON

DAFFA, FIRNANDA WIRAYUDA (2024) REDESAIN STRUKTUR JEMBATAN KOKOH PENGGOLONG KABUPATEN LOMBOK UTARA DENGAN MENGGUNAKAN TIPE KOMPOSIT BAJA-BETON. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER,ABSTRAK, BAB I, BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
COVER - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Jembatan adalah struktur fisik yang digunakan untuk menghubungkan dua lokasi atau area yang berbeda melalui hambatan seperti sungai, jalan kereta api, atau jalan yang tidak sebidang. Salah satu contoh kemajuan dalam infrastruktur jembatan adalah pembangunan jembatan di Nusa Tenggara Barat, khususnya di Pulau Lombok. Pada tahun 2023, Jembatan Kokoh Penggolong dibangun untuk melintasi Sungai Penggolong, Sambik Bangkol, Gangga, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Ada berbagai jenis jembatan yang dibangun di Indonesia, sala satunya adalah jembatan komposit baja-beton. Jembatan komposit baja beton memiliki beberapa keunggulan, seperti kekuatan tarik yang tinggi dari baja dan kekuatan tekan yang tinggi dari beton. Penelitian ini akan mendesain ulang struktur atas dan bawah Jembatan Kokoh Penggolong dengan panjang 50 m dan lebar 9 m menggunakan tipe komposit baja-beton dengan menggunakan metode perancah (shored construction). Metode pelaksanaan menggunakan perancah memiliki beberapa keunggulan seperti sistem perancah dapat menopang struktur jembatan dengan baik, sehingga memungkinkan untuk memasang balok gelagar dengan presisi tinggi. Tujuan dari redesain struktur jembatan ini untuk mengetahui berapa besar momen maksimum yang bekerja pada struktur bangunan atas jembatan komposit baja-beton menggunakan program SAP2000 V.14, untuk mengetahui berapa dimensi struktur bangunan atas dan struktur bangunan bawah yang diperlukan pada jembatan komposit baja-beton, dan untuk mengetahui berapa besar gaya guling dan gaya geser yang bekerja pada struktur bangunan bawah jembatan komposit baja-beton. Hasil penelitian ini didapatkaan dimensi profil baja WF pada balok girder 1400.500.80.80 dengan BJ-55, dan dimensi profil baja WF pada balok diafragma 800.300.14.26 dengan BJ-55. Pemerikasan lendutan dilakukan dengan metode pelaksanaan dengan perancah (shored construction) sehingga lendutan sebelum komposit tidak terjadi ditengah bentang dan lendutan sesudah komposit sebesar 0,118 m < 0,139 m (L/360). Perencanaan struktur atas didapatkan hasil, Pelat lantai jembatan tebal 0,2 menggunakan mutu beton f’c 30 MPa dan mutu baja fy 410 MPa dengan arah x (memanjang) D16 – 350 mm dan tulangan arah y (melintang) D16 – 350 mm. Perencanaan struktur bangunan bawah didapatkan hasil, Breast wall tebal 0,85 m lebar 5,93 m.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHARIYADI, HARIYADInidn0027107301
Thesis advisorAHMAD, ZARKASInidn0819068903
Uncontrolled Keywords: Jembatan Komposit, SAP2000 V.14, Gelagar Baja, Beton.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Daffa Firnanda Wirayuda
Date Deposited: 21 Sep 2024 08:51
Last Modified: 21 Sep 2024 08:51
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10224

Actions (login required)

View Item View Item