ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH PENGGERAK SDN 2 BATUNYALA

NIKEN, ROZA ALIVIA (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH PENGGERAK SDN 2 BATUNYALA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
NIKEN ROZA ALIVIA 2020A1H059.pdf

Download (681kB)
[img] Text (similarity check)
SKRIPSI_Niken Roza Alivia (done).docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kurikulum Merdeka merupakan pengembangan kurikulum terbaru yang menjadi pemulihan pembelajaran akibat adanya ketertinggalan pembelajaran yang disebabkan oleh adanya wabah pandemi Covid-19. Dalam Kurikulum Merdeka, peserta didik diberikan ruang agar mereka mengembangkan potensi pada diri mereka dengan adanya kebebasan berfikir dan kebebasan otonomi yang diberikan oleh elemen pendidikan. Permasalahan penelitian ini secara garis besar adalah terdapat beberapa guru yang belum paham tentang implementasi pembelajaran dalam kurikulum merdeka di kelas, dengan demikian mereka masih merasa kebingungan dalam menelaah pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi Kurikulum Merdeka, apa saja kendala yang terjadi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka, serta menemukan solusi dalam mengatasi kendala yang muncul dalam implementasi Kurikulum Merdeka disekolah penggerak SDN 2 Batunyala. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan mengambil latarbelakang di SDN 2 Batunyala Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kurikulum Merdeka diimplementasikan melalui tahapan teknis dan tahapan implementasi pelaksanaan, (2) Hambatan Kurikulum Merdeka terjadi ketika tahapan proses implementasi dan proses pembelajaran dikelas, (3) Solusi dari hambatan implementasi Kurikulum Merdeka akan diupayakan oleh seluruh elemen sekolah yaitu oleh kepala sekolah, peran guru, siswa, dan orang tua siswa.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorBaiq, Desi Milandarinidn0808128901
Thesis advisorSintayana, Muhardininidn0810018901
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum Merdeka, Sekolah penggerak
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Niken Roza Alivia
Date Deposited: 19 Sep 2024 04:13
Last Modified: 19 Sep 2024 04:13
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10154

Actions (login required)

View Item View Item