PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN PKn KELAS VII SMPN 5 DONGGO KABUPATEN BIMA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

RENY, ANDRIANI (2020) PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN PKn KELAS VII SMPN 5 DONGGO KABUPATEN BIMA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM.

[img] Text
Cover-Bab III_RENY ANDRIANI_NIM 11313A0074_PPKn.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab IV_RENY ANDRIANI_NIM 11313A0074_PPKn.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text
Bab V-Lampiran_RENY ANDRIANI_NIM 11313A0074_PPKn.pdf

Download (932kB)

Abstract

Salah satu permasalahan dalam bidang pendidikan, khususnya mata pelajaran PKn adalah sulitnya pemahaman peserta didik dalam menerima materi yang disampaikan guru pada proses pembelajaran. Persoalan ini dialami peserta didik SMPN 5 Donggo khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Berdasarkan hasil observasi awal melalui observasi di kelas VII SMPN 5 Donggo ditemukan penyebab timbulnya masalah tersebut yaitu: masih banyak peserta didik yang tidak memperhatikan guru dalam menjelaskan materi pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah pengaruh pendekatan konstruktivisme terhadap hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran PKn kelas VII SMPN 5 Donggo Kabupaten Bima Tahun Pelajaran 2017/2018.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan konstruktivisme terhadap hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran PKn kelas VII SMPN 5 Donggo Kabupaten Bima Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Jenis peelitian quasi ekperiment. Populasi dalam peneltian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 5 Donggo Kabupaten Bima yang berjumlah 44 siswa terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VII A 24 siswa dan kelas VII B 24 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan rumus t-test. Berdasarkan uji t pre test prestasi belajar diperoleh thitung = 5,471. Sedangkan uji t post test prestasi belajar siswa diperoleh thitung = 10,870. Hasil uji t di atas kemudian dikonsultasikan pada ttabel.dengan taraf kepercayaan 95% dan db = 42 diperoleh ttabel = 2,175, karena thitung ≥ ttabel, maka Hipotesis Ha diterima, dengan demikian ada pengaruh pendekatan konstruktivisme terhadap hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran PKn kelas VII SMPN 5 Donggo Kabupaten Bima Tahun Pelajaran 2017/2018.Artinya adalah bahwa sumbangan pengaruh variabel independent terhadap variabel dependen adalah sebesar 77,3%, sedangkan sisanya sebesar 22,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Kontruktivisme dan Hasil Belajar PKn

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerM. YUNAN, M. YUNAN195612111981031020
ReviewerALIAHARDI, WINATA0814098601
Uncontrolled Keywords: Kontruktivisme dan Hasil Belajar PKn
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan
Depositing User: Bahaudin Bahaudin
Date Deposited: 26 Aug 2020 02:29
Last Modified: 26 Aug 2020 02:29
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1015

Actions (login required)

View Item View Item