HESTY, TRIMURTI GORANG (2020) ANALISIS KUALITAS BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 SMP/MTs KELAS VIII REVISI 2017 TERBITAN PEMERINTAH DAN SWASTA. undergraduate thesis, ["eprint_fieldopt_institution_UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM" not defined].
Text
COVER-BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Buku teks sangat penting dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk membandingkan kualitas antara buku teks yang diterbitkan oleh pemerintah dan juga swasta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif komparatif. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa baik buku teks pemerintah maupun buku teks terbitan swasta masih ada yang tidak menggunakan syarat yang telah disebutkan di atas. Pada buku teks Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 edisi revisi 2017, dilihat dari kualitas isi dengan kategori kesesuain isi dengan KI dan KD persentase 100% skor 3, keaktualan materi persentase 100% skor 3, kekauratan materi persentase 70% skor 2. Kualitas bahasa dengan kategori ketepatan penggunaan ejaan 66,7% skor 2, kesesuaian perkembangan peserta didik persentase 100% skor 3, kelugasan 100% skor 3. Kualitas penyajian kategori pembangkit motivasi belajar siswa persentase 100% skor 3, ada tidaknya soal latihan pada setiap bab persentase 100% skor 3, glosarium indeks persentase 100% skor 3. Kualitas rancangan buku kategori ukuran buku persentase 100% skor 3, ukuran, jenis dan format persentase 100% skor 3, dan penggunaan ilustrasi persentase 94,11% skor 3. Secara keseluruhan nilai untuk buku teks pemerintah skor 34. Sedangkan pada buku teks Mahir Berbahasa Indonesia Kelas VIII SMP/MTs terbitan swasta dilihat dari kualitas isi dengan kategori kesesuain isi dengan KI dan KD persentase 100% skor 3, keaktualan materi persentase 17,64% skor 1, keakuratan materi persentase 100% skor 3. Kualitas bahasa dengan kategori ketepatan penggunaan ejaan persentase 35,71% skor 1, kesesuaian perkembangan peserta didik persentase 100% skor 3, kelugasan persentase 100% skor 3. Kualitas penyajian kategori pembangkit motivasi belajar siswa persentase 100% skor 3, ada tidaknya soal latihan pada setiap bab persentase 100% skor 3, glosarium indeks persentase 0% skor 1. Kualitas rancangan buku kategori ukuran buku persentase 100% skor 3, ukuran, jenis dan format persentase 100% skor 3, dan penggunaan ilustrasi skorpersentase76,92% skor 2. Secara keseluruhan nilai untuk buku teks swasta skor 29. Kata kunci: Analisis, Buku teks, Kualitas.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Buku teks, Kualitas. | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 375 Kurikulum | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia | |||||||||
Depositing User: | Muhammad Soadikin | |||||||||
Date Deposited: | 21 Aug 2020 03:13 | |||||||||
Last Modified: | 21 Aug 2020 03:13 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/999 |
Actions (login required)
View Item |