PERAN GURU PPKn TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER BERBASIS NILAI-NILAI PANCASILA PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 WERA

ANANG, MA’RUF (2024) PERAN GURU PPKn TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER BERBASIS NILAI-NILAI PANCASILA PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 WERA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER, ABSTRAK, BAB I DAN BAB V.pdf

Download (699kB)
[img] Text
COVER - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CEK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru PPKn terhadap pembentukan karakter berbasis Nilai-Nilai Pancasila pada Siswa SMPN 1 Wera dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat Guru PPKn terhadap Pembentukan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Pancasila pada Siswa SMPN 1 Wera. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif, yakni menyangkut tentang keadaan yang ada di lapangan yang akan diteliti, lokasi penelitian dilakukan di SMPN 1 Wera Jalan Lintas Tawali-Wera, Kec. Wera, Kabupaten Bima. Analisis data dalam penelitian adalah penelitian analisis pra-kerja lapangan, analisis bersamaan selama kerja lapangan, dan analisis pasca-kerja lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi yaitu studi langsung diamati dan berdasarkan atas pengamatan yang dilakukan mengenai peran Guru PPKn terhadap Pembentukan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Pancasila Pada Siswa di SMPN 1 Wera. Penerapan nilai-nilai Pancasila pada sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa yaitu menerapkan nilai Ketuhanan ini berjalan dengan baik maka siswa akan selalu berperilaku sopan santun, jujur, disiplin, yang merupakan karakter dasar siswa SMPN 1 Wera. Sila kedua Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab yaitu menerapkan nilai kemanusiaan dapat di lakukan didalam maupun diluar kelas. Didalam kelas guru memberikan nasehat nasehat. Sila ketiga Persatuan Indonesia yaitu dengan menerapkan kesadaran kepada siswa SMPN 1 Wera untuk dapat menerima keberagaman ras, agama, bersikap positif, melaksanakan upacara bendera dengan disiplin dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Sila keempat Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan yaitu dengan Penerapan nilai demokratis di SMPN 1 Wera itu lebih terlihat jelas saat ada pemilihan ketua OSIS, pemilihan ketua kelas, dan musyawarah dalam kegiatan. Sila kelima Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia di SMPN 1 Wera, keadilan merupakan nilai fundamental yang harus dijunjung tinggi, tidak memihak atau memihak, dan berteman dari semua latar belakang. Faktor pendukung keberhasilan dalam proses pembelajaran di sekolah, mewujudkan visi-misi sekolah, program 7 K, dan mengikuti aturan tatatertib sekolah, kebijakan dari Kepala Sekolah. Faktor penghambat terdapat siswa yang masih kurang mampu dalam menangkap pembelajaran yang disampaikan oleh guru, banyak siswa yang tidak ikut serta dalam kegiatan sekolah di SMPN 1 Wera yang tidak hadir dalam kegiatan rutinitas seperti upacara bendera, keagamaan/Imtaq, sholat dhuhur berjemaah, dan kurang kesadaran siswa dalam mengikuti pelajaran guru terdapat kurang lebih 50%.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSri, Rejekinip196612101993032002
Thesis advisorCandra, Candranidn0810058503
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Pembentukan Karakter, Nilai-Nilai Pancasila
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Anang Ma'ruf
Date Deposited: 26 Sep 2024 09:00
Last Modified: 26 Sep 2024 09:00
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/9984

Actions (login required)

View Item View Item