SRATEGI PEMASARAN BERBASIS SYARIAH PADA PRODUK GARAM TRADISIONAL DI DESA PIJOT

SUHIBATUL, ISLAMIAH (2024) SRATEGI PEMASARAN BERBASIS SYARIAH PADA PRODUK GARAM TRADISIONAL DI DESA PIJOT. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER,ABSTRAK,BAB I DAN BAB V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (876kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu sebagian masyarakat yang bekerja sebagai petani garam laut di Desa Pijot. Data dalam penelitian ini bersumber dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Starategi pemasaran garam tradisional berbasis syariah didesa pijot masih kurang kreatif dalam hal memasarkan produksi mereka untuk menarik kunsumen dan masyarakat, pemasaran syariah produksi melalui ucapan si penjual kepada pembeli dan menjual di pinggir jalan dengan prinsip Amanah yang dimana pada pengemasan produk garam, petani garam menimbang terlebih dahulu garam yang akan di pasarkan kepada konsumen. Dalam hal ini petani garam di sana sangat memperhatikan timbangan tidak boleh kurang atau lebih sebelum memasarkan produknya. 2) faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran produk garam di desa pijot dilatar belakangi oleh 2 faktor yaitu faktor internal disebabkan oleh kurangnya dana masyarakat untuk membeli alat yang canggih untuk mengelola produknya karena masyarakat disana masih menggunakan alat tradisional dalam pembuatan garam. sedangkan faktor eksternal penjualan produk garam disebabkan oleh banyaknya orang yang menjual di sekitar tempat mereka menjual produk garam tradisional, sehingga tingkat persaingan menjual produk garam bisa dibilang tinggi dan masyarakat disana belum mengetahui cara memasarkan produknya kepada konsumen. Sehingga dalam hal ini tingkat pendapatan dari penjualan produk tersebut berkurang.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNOVI, YANTI SANDRA DEWInidn0828118303
Thesis advisorNUR, FITRI HIDAYANTInidn0807089004
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran Syariah, Produk Garam Tradisional, Petani.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ekonomi
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Suhibatul Islamiah
Date Deposited: 23 Sep 2024 06:52
Last Modified: 23 Sep 2024 06:52
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/9969

Actions (login required)

View Item View Item