ANALISA KINERJA SIMPANG TAKBERSINYAL (STUDI KASUS: SIMPANG EMPAT BENGKEL LABUAPI LOMBOK BARAT)

SYARIFUDIN, EFENDI (2020) ANALISA KINERJA SIMPANG TAKBERSINYAL (STUDI KASUS: SIMPANG EMPAT BENGKEL LABUAPI LOMBOK BARAT). undergraduate thesis, ["eprint_fieldopt_institution_UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM" not defined].

[img] Text
COVER SAMPAI BAB 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Simpang Empat Bengkel merupakan simpang tak bersinyal. Tingginya volume kendaraan serta kurangnya kesadaran masyarakat akan sistem prioritas berkendara mengakibatkan besarnya peluang kemacetan yang terjadi pada simpang tersebut.Sehubungan hal itu maka perlu dilakukan penelitian khususnya pada simpang tak bersinyal Bengkel Labuapi Lombok Barat untuk mengetahui kinerja dari simpang tersebut, sehingga nantinya simpang pada ruas jalan tersebut dapat melayani arus lalu lintas secara optimal dan pengguna jalan yang melintas dipersimpangan Bengkel akan merasa tetap aman dan nyaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) Volume lalulintas pada simpang Empat Bengkel, Labuapi Lombok Barat (2) Apakah perlu di aktifkan kembaliTrafficLightdi simpang empat Bengkel Labuapi Kabupaten Lombok Barat.Pengumpulan data diperoleh melalui survei di lapangan dan parameternya meluputi: Kondisi Geometrik, Kondisi lalu lintas, dan Kondisi lingkungan. Instrumen pengumpulan data menggunakan bantuan berupa formulir survei, alat tulis, jam dan rollmeter. Dari hasil penelitian dan pembahasan pada simpang Empat Bengkel Labuapi didapat lebar rata-rata pendekat (WI) 3,40 meter, jumlah volume arus lalu lintas (Qtot) 3191,4 smp/jam, Kapasitas sebenarnya (C) 2539.500 smp/jam, Nilai Derajat Kejenuhan (DS) 1,257, Tundaan lalu lintas simpang (DT1) 12,831 det/smp, Tundaan lalu lintas jalan utama (DTMA) 2,103 det/smp, Tundaan lalu lintas jalan minor (DTMI) 25,757 det/smp, Tundaan geometrik simpang (DG) 6,04 det/smp, Tundaan simpang (D) 4 det/smp dan peluang antrian (QP) 133,132%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan memiliki tingkat pelayanan dibawah rata-rata yang kurang stabil sehingga tidak memenuhi persyaratan dari pedoman Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Kata kunci : Simpang Tak Bersinyal, Kapasitas, Derajat Kejenuhan

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerTITIK, WAHYUNINGSIH0830086701
ReviewerHARYADI, HARYADI0027107301
Uncontrolled Keywords: Simpang Tak Bersinyal, Kapasitas, Derajat Kejenuhan
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 388 Transportasi Jalan Raya
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Bahaudin Bahaudin
Date Deposited: 21 Aug 2020 02:45
Last Modified: 21 Aug 2020 02:45
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/996

Actions (login required)

View Item View Item