PENGARUH PENGETAHUAN ETIKA BISNIS ISLAM DAN PERSAINGAN USAHA TERHADAP PERILAKU PEDAGANG PASAR TRADISIONAL SORO KECEMATAN KEMPO KABUPATEN DOMPU

DINI, PUTRI UTAMI (2024) PENGARUH PENGETAHUAN ETIKA BISNIS ISLAM DAN PERSAINGAN USAHA TERHADAP PERILAKU PEDAGANG PASAR TRADISIONAL SORO KECEMATAN KEMPO KABUPATEN DOMPU. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER,ABSTRAK,BAB I DAN BAB V.pdf

Download (7MB)
[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan etika bisnis Islam dan persaingan usaha terhadap perilaku pedagang pada pasar tradisional soro kecematan kempo kabupaten Dompu dan untuk menjelaskan pengaruh pengetahuan etika bisnis islam dan persaingan usaha terhadap perilaku pedagang pasar tradisional soro kecematan kempo kabupaten Dompu. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pedagang pasar tradisional soro, sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 55 responden dan teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik probability sampling dengan pendekatan simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial pengetahuan etika bisnis Islam diperoleh nilai t hitung 4,191 > t tabel 1,675 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Ini berarti pengetahuan etika bisnis islam berpengaruh signifikan terhadap perilaku pedagang. Sedangkan persaingan usaha diperoleh nilai t hitung 4,953 > t tabel 1,675 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Ini berarti persaingan usaha berpengaruh signifikan terhadap perilaku pedagang. Secara simultan pengetahuan etika binis Islam dan persaingan usaha diperoleh nilai 56,689 > 3,175 dan nilai taraf signifikan 0,000 < 0,05. Ini berarti secara simultan pengetahuan etika bisnis Islam dan persaingan usaha bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap perilaku pedagang. Berdasarkan hasil uji Koefisien determinasi (R Square) pengaruh yang diberikan oleh variabel pengetahuan etika bisnis Islam dan persaingan usaha terhadap perilaku pedagang sebesar 68,6% sedangkan sisanya dipengaruhi dari variabel lain diluar penelitian.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMUKHLISHIN, MUKHLISHINnidn0809079002
Thesis advisorZAENAFI, ARIANInidn0804068201
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Etika Bisnis Islam, Persaingan Usaha, Perilaku Pedagang, Pasar Tradisional Soro.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ekonomi
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Dini Putri Utami
Date Deposited: 24 Sep 2024 08:24
Last Modified: 24 Sep 2024 08:24
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/9926

Actions (login required)

View Item View Item